oleh

World Rabies Day, Karantina Lampung Bersama Dinas Turun Melakukan Aksi Vaksinasi Massal Gratis

Karantina Lampung Bersama Dinas Turun Melakukan Aksi Vaksinasi Massal Gratis

 

Beritatrends.com, BandarLampung – Memperingati Word Rabies Day 2019 yang mengusung tema Zero Death by 2030, Karantina Pertanian Lampung bersama Dinas Peternakan Kabupaten Lampung Selatan melakukan kegiatan vaksinasi Rabies di wilayah lingkungan Bandara Radin Inten II tepatnya di Kecamatan Natar. Kamis (12/09/19).

Muh. Jumadh kepala Karantina Pertanian Lampung sampaikan “Aksi ini merupakan salah satu bentuk komitmen Karantina Pertanian Lampung bersama Dinas yang membidangi kesehatan hewan sebagai upaya pembebasan rabies Provinsi Lampung” Ucapnya.

Karantina Lampung Bersama Dinas Turun Melakukan Aksi Vaksinasi Massal Gratis

Berdasarkan data Dinas Perkebunan Dan Peternakan Prov.Lampung dan Balai Veteriner Lampung populasi anjing saat ini mencapai 240.000 ekor dan masih ditemukan kasus rabies berjumlah 7 ekor pada tahun 2019.

Dengan tema Zero Dead by 2030 memacu seluruh pemangku kepentingan terkait kesehatan hewan termasuk Karantina Lampung mengajak masyarakat peduli dengan HPR peliharaannya dengan aksi vaksinasi massal secara gratis.

Harapan dengan tindakan vaksinasi pada anjing diharapkan dapat memberikan kekebalan dan menjadi proteksi mencegah penyebaran rabies. Dan awarness kepada masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatan hewan peliharaannya dan mematuhi persyaratan karantina dalam melalulintaskan HPR. Total jumlah hewan yang divaksinasi sebanyak 100 ekor yang terdiri dari anjing sebanyak 35 ekor, Kucing 60 ekor dan kera 5 ekor.

Karantina Lampung Bersama Dinas Turun Melakukan Aksi Vaksinasi Massal Gratis

Berdasarkan Permentan No.3238 Tahun 2009 tentang Penggolongan Jenis-jenis HPHK, Rabies dikategorikan dalam HPHK golongan II yaitu HPHK yang potensi penyeberannya berhubungan erat dengan lalu lintas media pembawa dan telah dinyatakan ada di area atau wilayah Republik Indonesia.

Propinsi Lampung merupakan salah satu wilayah endemis Rabies di Indonesia.

Rabies merupakan salah satu zoonosis, yaitu penyakit yang dapat ditularkan antara hewan dan manusia. Penyakit ini menular dari hewan ke manusia melalui gigitan hewan yang terinfeksi. Manusia adalah salah satu komponen dari siklus penyakit Rabies yang merupakan “dead end” dari siklus penyakit ini karena hampir selalu menyebabkan kematian. WHO menyatakan bahwa sekitar 55.000 orang per tahun mati karena Rabies, 95% dari jumlah itu berasal dari Asia dan Afrika.

Mari Peduli Dengan Hewan Peliharaan Anda Dan Laporkan Kepada Petugas Karantina apabila akan dilalulintaskan antar negara dan antar propinsi. (Jupri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed