oleh

Gelar Pentas Seni Reog Rutin Sebulan Sekali di Desa Bungkal

seni reog Desa Bungkal Kecamatan Bungkal, KabupatenPonorogo

Beritatrends, Ponorogo – Desa Bungkal Kecamatan Bungkal, KabupatenPonorogo gelar budaya pentas seni reog setiap tanggal 11, bawasannya budaya seni tersebut dihidupkan kembali oleh desa desa, sesuai perintah Bupati Ponorogo Drs. Ipung Muchlisoni menguri – uri budaya seni reog yang telah lama dibudayakan agar diadakan setiap sebulan sekali, untuk melestarikan seni budaya Reog yang ada di Ponorogo.

Kepala Desa Bungkal Budi  Widodo mengatakan, sangat setuju diadakan pentas seni Reog agar bisa mencari bibit – bibit seni tari, anak yang punya bakat seni tari jatil supaya di kembangkan.

“Maka dari itu, melatih dan membina dari yang kecil sampai yang besar agar nantinya anak – anak itu semangat dan bertahan dalam budaya seni tari jatil,”ucap Budi Widodo .

Kepala Desa Bungkal Budi  Widodo berseta para seniman reog

Lanjut Budi, ternyata dari anak kecil nantinya ada bakat untuk melestarikan provesinya sebagai seni tari jatil, melatih dari mental pikiran tidak kalah dari yang udah dewasa, itu mewujudkan bakat anak – anak tersebut sudah punya dasar jiwa seni.

Dua dadak yang dimiliki oleh Desa Bungkal tampil pada hari Rabu (11/9/2019) pukul 14.00 WIB kemarin, Kepala Desa Budi Widodo sangat mendukung kesenian Reog di Ponorogo.

Semakin melestarikan Seni Reog Ponorogo di Bungkal merupakan ajang belajar bersama kelompok grup Reog, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk memfasilitasi kemajuan seni Reog, keterbatasan sumber daya manusianya grub Reog akan menyebabkan kemunduran, namun kalau semakin kreatip untuk membina dan melatih pasti ada manfaatnya dan melahirkan sumber daya manusia di bidang seni reog yang kita punya.

Dengan dilengkapi dan diiringi dua dadak merak yang sangat meriah, warga masyarakat sangat antusias dengan adanya budidaya seni reog yang dilengkapi tiga bujang ganong kecil tampak unik dan menarik.

“Sangat lucu, itu anak – anak dibina yang dilatih dari sanggar, demikian suguhan dan harapan Desa Bungkan pada khususnya serta Ponorogo pada umumnya agar berbudaya Seni Reog terkesan religius,”pungkas Budi Widodo (Sugeng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed