oleh

Membludak, Sampah di Magetan Capai 27 Ton Per-Hari

Menumpuknya sampah di TPA Desa Milangsari Kec Panekan Kab Magetan

Beritatrenda.com, Magetan – Sampah semakin membludak di Kabupaten Magetan, Perharinya sampah yang dihasilkan warga Magetan mencapai 27 Ton.

Catur Yosiandri sebagai Staff Pelaksana Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan mengatakan,”DLH Kabupaten Magetan memiliki armada roda tiga, truk sampah, dan alat berat guna Untuk melayani warga masyarakat setiap harinya, mulai dari rumah tangga, dijalan dan tempat-tempat umum,” Terangnya, Selasa (10/9/2019).

“Kita melayani dengan mengambil sampah-sampah dengan roda tiga dan dengan konsekuensi biaya retribusi sebesar Rp.1.500 untuk setiap KK per bulanya,” Jelas Catur.

DLH Kabupaten Magetan juga berupaya menyadarkan Masayarakat dalam menanggulangi sampah yang semakin banyak dan mulai menganggu kenyamanan masyarakat tersebut, diantaranya DLH Magetan
menyadarkan masyarakat dengan menjaga kebersihan lingkungan, dan juga mengadakan sosialisasi di setiap Kecamatan diseluruh Kabupaten Magetan.

Lanjut Catur, Dari sampah rumah tangga kita geser ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah) dan dilanjutkan ke truk kemudian di angkut menuju TPA (Tempat pembuangan akhir).

“TPA yang ada di Magetan hanya ada 1, Sampah yang dihasilkan dari sampah Organik maupun on Orgnik mencapai 27 ton per hari nya,” Terang Catur.

Sampah yang dihasilkan warga Magetan paling besar berasal dari perkotaan dan Kecamatan Kota. Sementara ini DLH Magetan hanya melayani 9 Kelurahan Kota dan pasar- pasar daerah, poliklinik, Rumah Sakit Swasta yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup.

“Kita masih memiliki kendala, yakni kesadaran akan masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya, semoga warga Magetan semakin sadar akan pentingnya kebersihan,” Pungkasnya. (NW/SBM/IKH/WS).

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.