oleh

Kirab Budaya Desa Jonggol, Porak 74 Ingkung dan 1000 Nasi Bungkus

Kepala Desa Jonggol, Supriyadi bersama Masyarakat saat pawai budaya

 

Beritatrends.com, Ponorogo -Dalam Rangka Peringatan HUT RI ke 74 Tahun 2019 pemerintah Desa Jonggol, Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo menggelar Pawai budaya yang diikuti Seluruh warga Desa Jonggol, Kecamatan Jambon. Secara beriring – iringan peserta pawai budaya memakai mobil hias, nampak di depan Kepala Desa Jonggol, Supriyadi bersama anggota BPD bersama rombongannya mengelilingi desa sejauh 10 km.

Bersama warga Desa Jonggol, berbagai komunitas dari 7 perguruan pencak silat ikut serta meramaikan kirab budaya yang dilaksanakan pada hari Sabtu 7 September 2019.

7 perguruan pencak silat ikut serta meramaikan kirab budaya

 

Selain dalam rangka memperingati HUT RI,  kirab budaya ini digelar untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H. Sebelumnya rangkaian acara ini diawali dari kompetisi sepak bola antar RT dan malamnya di adakan lomba karawitan antar Club, disela sela lomba karawitan ada kegiatan dari Pemerintah Desa yaitu sedekah bumi yang isinya 1000 nasi bungkus dilengkapi 74 ingkung yang akan di arak keliling kampung.

Kepala Desa Jonggol, Supriyadi mengatakan “Tujuan digelar kegiatan ini guna mempersatukan masyarakat Desa Jonggol, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. ” Ucap Kepala Desa.

1000 nasi bungkus dilengkapi 74 ingkung yang akan di arak keliling kampung

“Harapan kedepannya Desa Jonggol, Kecamatan Jambon bisa maju sesuai slogan pemerintah Kabupaten Ponorogo khusunya dalam pemerintahan Bupati Ponorogo Ipong Muhclisoni bisa terwujud, Ponorogo berbudaya dan religius.” Tegas Supriyadi.

Porak 74 ingkung yang telah di arak keliling kampung

Dalam kepemimpinan Supriyadi, Desa Jonggol juga menciptakan berbagai seni budaya termasuk Reyog dan Barongsai yang sering di tamplikan, terutama Reyog yang rutin digelar satu bulan sekali setiap tgl 11 sesuai dalam anjuran Bupati Ponorogo Ipong Muhclisoni. (Sugeng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed