oleh

Kasriyo Wakil Ketua BHP juga Rangkap Bendahara BUMDES Damar Wulan

Inspektur Kabupaten Pringsewu Endang Budiarti,M.Kes.

Beritatrends.com, Pringsewu – Kasriyo, Wakil Ketua Badan HIPPUN Pemekonan (BHP) Pekon Enggalrejo, juga merangkap sebagai Bendahara Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Damar Wulan, Pekon Enggalrejo, Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu.

“Saat ini Kasriyo Wakil Ketua BHP Pekon Enggalrejo masih menjabat sebagai Bendahara BUMDES Damar Wulan Pekon Enggalrejo Sampai saat ini,” Ujar Sekretaris Pekon Enggalrejo, Hendi Setiawan.

Inspektur Kabupaten Pringsewu Endang Budiarti,M.Kes. saat di konfirmasi, Selasa (3/9/2019) Siang menjelaskan bahawa adanya rangkap posisi, antara Wakil Ketua BHP Pekon Enggalrejo, Kecamatan Adiluwih juga menjadi Bendahara BUMDES Damar Wulan Pekon Enggalrejo, kami sedang koordinasi dengan aparat Kecamatan Adiluwih dalam hal ini Camat Adiluwih Sutaryo “kita akan cari bukti biarkan kami bekerja nanti kita kabari,” Imbuhnya.

saat di konfirmasi diruang kerjanya beberapa minggu lalu Sekretaris DPMP kabupaten Pringsewu Sugianto,S.Kes. beberapa minggu Lalu mengatakan tidak dibenarkan Wakil Ketua BHP Kasriyo merangkap juga sebagai Bendahara BUMDES Damar Wulan,secara logika BHP sebagai pengawas kok malah terlibat di dalam Pekerjaan Pemerintahan Pekon bidang Usaha Milik Desa BUMDES Damar Wulan.

Dalam UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi No. 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa juga tidak disebutkan mengenai larangan pengurus BUMDes merangkap jabatan dengan posisi lain dalam struktur pemerintahan.

Namun, pada persyaratan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) hanya disebutkan anggota BPD tidak boleh dijabat oleh kepala Desa. Anggota BPD juga tidak boleh dijabat oleh orang yang mengerjakan proyek desa. Nah, dalam kontek ini BUMDes adalah lembaga pelaksana proyek atau program desa, maka pengurus BPD memang tidak boleh dilakukan pengurus BUMDes. (Cikhan)

News Feed