oleh

PT Pertamina Berikan kontribusi kesejahteraan Untuk Petani Tebu Melaui PKBL

Tim Pertamina saat melakukan Survey pada lahan tebu di wilayah Kabupaten Magetan

Beritatrends.com, Magetan – PT Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI) Pabrik Gula (PG) Purwodadi bersinergi dengan PT Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan Petani Tebu membantu petani dalam permodalan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) telah melakukan pengajuan Rencana Definitif Kebutuhan Kebun (RDKK) yang di fasilitasi oleh PG Poewodadir mendapat respon positif dari pihak PT Pertamina (Persero).

Tim Pertamina, bersama Area Manager CSR & SMEPP Jatim melakukan survey pada Kamis (29/8/2019), terhadap kebun tebu dan petani tebu wilayah kerja PG Purwodadi.

Tebu merupakan tanaman semusim yg di panen setiap tahun sekali.”Budidaya penanaman yang baik akan meningkatkan produktivitas tebu, sehingga perlu dilakukan dengan baik Sejak dari penyediaan bibit, sarana produksi, usaha budidaya sampai panen, yang berujung pada kualitas BBT yg mendukung proses giling tahun 2020,” Terang Rahadi Koentjoro, General Manager PG Purwodadi melaui Sujarwo, Kasi Keuangan PG Purwodadi, Kamis (29/8).

“Petani tebu yang tergabung dalam APTR sejumlah 184 orang binaa PG Purwodadi telah terdaftar dan berharap untuk mendapatkan bantuan berupa pinjaman,” terangnya.

Lanjut Sujarwo menjelaskan,”Hari ini merupakan survey verifikasi dan administrasi yang dilakukan pada 7 lahan petani binaan sebagai pemetaan dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) apabila nanti disetujui,” lanjutnya.

“Direncanakan besaran dana kemitraan petani sebesar Rp.15 Milyar, Setiap petani dapat meminjam modal maksimal sampai Rp.200 Juta,” Tutup Jarwo.

Program kemitraan wujud kepedulian PT Pertamina dan PTPN XI ini, dapat mendorong percepatan tercapainya program swasembada gula nasional yang dicanangkan Pemerintah. (Gal)

News Feed