oleh

Sambut HUT RI Ke-74 Polres Mojokerto Ikut Festival Gapura Cinta Negeri

Para Anggota Polisi Polres Mojokerto saat Memasang Ornamen Gapura

 

Beritatrends.com, Mojokerto – Polres Mojokerto mengikuti Festival membuat Gapura Cinta Negeri, dalam rangka menyambut HUT RI yang ke-74 tahun 2019.,dengan Konsep”Gapura Graha Merdeka Mojopahit”.

Pembuatan Gapura ini,kata Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno pada beritatrends.com,Jum’at(16/08/2019) merupakan gapura yang dibuat dengan bahan kayu dan Gabus. Dalam proses pembuatan mulai perencanaan hingga selesai pemasangan lampu dikerjakan selama 3 hari, dibangun dengan gotong-royong oleh anggota Polres terdiri dari anggota Polisi maupun PNS dan PHL serta di bantu oleh masyarakat sekitar Mapolres Mojokerto.

“Pembangunan Gapura ini menghabiskan anggaran kurang lebih 14 juta,dimana menggunakan beberapa kayu sisa pelaksanaan kegiatan sebelumnya. Adapun dana di dapat dari iuran(bahasa jawa:urunan) para anggota serta beberapa hibah dalam bentuk bahan baku,” kata Kapolres.

Gapura Graha Merdeka Mojopahit”. Nampak dari depan pada malam hari

Menurut AKBP Setyo,Gapura ini dibangun dengan konsep bangunan kolonial yang menggambarkan jaman di tahun 1945,serta terdapat Garuda besar yang melambangkan kedaulatan NKRI.Juga dipasang ornamen surya Majapahit yg merupakan lambang kerajaan Majapahit,dimana telah terbukti bahwa Kerajaan Majapahit adalah pemersatu Nusantara.

“Hal yang menarik adalah antusias dari para anggota Polres Mojokerto yang menganggap kegiatan ini dulu sering dilakukan saat para anggota yang senior pada waktu masih kecil dulu.Dimana dikampung masing-masing,bila jelang hari kemerdekaan pasti membuat gapura dari bahan kayu.Yang sekarang budaya ini sudah mulai luntur,” terangnya.

Penampakan dalam lorong dalam Gapura Mapolres Mojokerto

Kapolres Mojokerto, menambahkan bahwa dengan mengikuti festival Gapura Cinta Negeri,ini semoga bisa mengingatkan pada masyarakat untuk tetap melestarikan kegiatan membuat Gapura pada hari menjelang Peringatan HUT RI.

“Semoga dengan pembuatan Gapura Graha Merdeka Mojopahit mampu menguatkan kembali semangat kami maupun masyarakat sekitar dalam bersatu membangun negeri,” pungkas AKBP Setyo koes Heriyatno.(sus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed