oleh

Perangi HIV / AIDS Bupati Madiun dan Warga Sambirejo Sepakat Tutup Prostitusi Bong Cino

TUTUP PROSTITUSI -Bupati Madiun, Ahmad Dawami memberikan penegasan kepada warga tentang keputusannya menutup praktek prostitusi di bong cino (pemakaman cina) di Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Kamis (8/8/2019) malam.

 

Beritatrends.com, Madiun — Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang biasa akrab disapa Kaji Mbing dan warga Desa Sambirjeo bersepakat bersama-sama menutup prostitusi bong cino (pekuburuan cina) yang sudah berlangsung lama.
“Setuju ditutup ya. Sepakat besok semua ya ditutup. Pemkab, Polri, TNI dan warga sudah kompak untuk tutup lokasi prostitusi,” kata Bupati Kaji Mbing.

Kesepakatan diambil setelah warga mengikuti sosialisasi integrasi bangsa untuk pemantapan ketahanan bangsa yang digelar Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri Kabupaten Madiun di Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Kamis (8/8/2019) malam.

DUKUNG-Perwakilan warga Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan menyatakan dukungannya terhadap keputusan Bupati Madiun, Ahmad Dawami menutup praktek prostitusi di bong cino, Kamis (8/8/2019) malam

Selain dihadiri ratusan warga, sosialisasi itu dihadiri Kepala Bakesbangpoldagri Kabupaten Madiun, Agus Budi Wahyono, Kepala Dinas Sosial, Sugiharto, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Arik Krisdiyanto, unsur muspika, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Tak sekedar menutup area prostitusi, Bupati Kaji Mbing bersama warga bersepakat menjaga bersama agar praktek prostitusi tidak berlangsung lagi di bong cino. Selain menjaga, warung-warung yang berada di area prostitusi juga dibongkar.

Tak hanya itu, Bupati Kaji Mbing memerintahkan Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun memasang 25 titik lampu penerangan. Dengan demikian, saat malam hari kondisi di bong cino terlihat ada dan tidaknya aktifitas prostitusi.

SEPAKAT -Perwakilan Perhimpunan Masyarakat Madiun ( PMM) , Retno juga memberikan dukungan kepada pemerintah dan warga Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan menutup praktek prostitusi di pemakaman cina.

Bupati Kaji Mbing mengkhawatirkan bila tidak segera ditutup lokasi prostitusi maka jumlah penderita HIV /AIDS akan bertambah lebih banyak. Apalagi saat ini jumlah penderita HIV / AIDS di Kecamatan Jiwan tertinggi di Kabupaten Madiun yakni sebanyak 117 orang. Dengan demikian, penutupan area prostitusi bagian upaya memerangi dan melawan HIV/AIDS di Kabupaten Madiun.

“Jumlah HIV 90, AIDS 27. Sumbernya dari tempat itu. Bahkan ada anak SMP yang terinfeksi, kata Kaji Mbing.

Dari data tersebut, 20 persen dari kalangan ibu rumah tangga. Mirisnya lagi ada lima pelajar SMP yang terindikasi HIV. “Saya lihat sendiri anak kelas dua SMP datang di area prostitusi,” jelas Kaji Mbing.

IKUTI–Warga Desa Sambirejo mengikuti sosialisasi integrasi bangsa untuk pemantapan ketahanan bangsa yang digelar Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri Kabupaten Madiun di Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Kamis (8/8/2019) malam. Dalam kegiatan itu disepakati penutupan praktek prostitusi bong cino.

Kepala Bakesbangpoldagri Kabupaten Madiun, Agus Budi Wahyono mengharapkan kekompakan warga untuk bersama-sama menutup praktek prostitusi di bong cino. Kekompakan warga menutup praktek prostitusi bagian dari memperkuat ketahanan bangsa.
Tak hanya itu, praktek prostitusi yang ditutup akan menghapus stigma bong cino yang negatif bagi Desa Sambirejo. Selain itu, masa depan anak-anak tidak lagi dikhawatirkan lantaran tak menemui lagi prostitusi di kuburan cina.

Sementara itu, Kepala Desa Sambirejo, Suratno mengakui konotasi makam bong cino bagi Desa Sambirejo sangat negatif. Untuk itu, kesepakatan bersama antara bupati dan warga menutup praktek prostitusi di bong cino menjadi solusi yang terbaik bagi masyarakat.
Perwakilan Perhimpunan Masyarakat Madiun (PMM), Retno mengapresiasi penutupan praktek prostitusi di bong cino. Penutupan praktek prostitusi di area pemakaman menjadikan pemakaman cina di Desa Sambirejo tertata rapi.

Beberapa warga Desa Sambirejopun merasa lega dan puas dengan keputusan Bupati Madiun, Ahmad Dawami. Pasalnya keberadaan praktek prostitusi di bong cino sudah meresahkan warga. “Kami merasa resah dan risih,” kata Sueb. (aly)

News Feed