oleh

Inilah Syarat Calon Pemilih Pada Pilkades Serentak 2019

Kantor Bupati Mojokerto(ft:Exklusif/susilo/beritatrends.com) 

 

Beritatrends.com, Mojokerto – akan punya hajat besar yaitu Pemilihan Kepala Desa(Pilkades)serentak 2019.Sebanyak 253 Desa akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa tahun 2019

Syarat pencalonan Peserta Calon Kepala desa tahun 2019 ialah semua Warga Negara Indinesia(WNI)bisa mendaftar Cakades didesa manapun, meski bukan penduduk setempat.

Sedangkan untuk pemilih yang mengunakan hak pilihnya dalam pilkades serentak yang di gelar pada tanggal 23 oktober 2019 minimal sudah terdaftar penduduk di Desa setempat selama 6 bulan, sebelum penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Hal ini diungkapkan oleh Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Drs.Ardi Sepdianto Msi, Kamis (8/8/2019).

Ardi mengatakan, bagi remaja sebagai pemilih pemula,yang memenuhi syarat untuk bisa mengunakan hak pilih,harus melaporkan identitas kependudukan (KTP) Pada Desa masing – masing sebelum tanggal 22 juli 2019. Karena Panitia pendaftar pemilih memasukkan data pemilih selama  20 hari kerja sejak tanggal 22 juli 2019 tersebut.

“Untuk masyarakat Desa yang mempunyai hak pilih, pastikan nama anda terdaftar di data Desa, Karena petugas pilkades desa sudah bekerja sesuai tahapan. Sampai dengan diumumkannya DPT diDesa,” jelasnya.

Menurut Ardi Sepdianto,bahwa untuk calon Kades di semua tempat yang sudah mendaftar agar bersikap arif,berdemokrasi yang dewasa dengan mematuhi aturan yang berlaku, agar tidak menimbulkan konflik ditingkat masyarakat Desa.

”Aturan yang berlaku yaitu Perbup No.19 tahun 2019  sebagai pijakan pelaksanaan pilkades tahun 2019 di Kabupaten Mojokerto, tidak bisa direvisi karena tahapan pilkades sudah dimulai,”punglasnya.(sus)

News Feed