oleh

Grebeg Selo Dusun Tengger Masyarakat Banyak yang Mengeluh

Beritatrends.com, Ponorogo – Dalam Rangkaian Acara Bersih Dusun Tengger Desa Bancangan Kecamatan Sambit  Kabupaten Ponorogo Jawa Timur gelar kegiatan budaya, minggu malam senin, hingga senin sore 29 juli 2019 , dengan menggelar pentas seni gajah gajahan.

Acara bersih dusun Tengger di laksanakan agar dusunya ayem tentrem tidak ada halangan suatu apapun. Namun setelah pentas kesenian selesai, menjadi bom masyarakat, pasalnya bahan obrolan masyarakat karena menurut Tuban sesepuh paguban gajah dan mengaku menjadi ketua panitia bersih dusun, dan juga menjadi wakil ketua kesenian gajah gajahan dusun Tengger setempat.

Tuban menjelaskan untuk acara bersih dusun itu setiap polo wuwung di kenakan biaya Rp. 20.000 x 130 warga. Dan mengundang penyanyi julah 14 pentas satu hari satu malam.

Tuban mengeluh karena kegiatan itu masih lumayan banyak yang belum terbayar, Sound Sistem belum di bayar, terop juga belum di bayar, sewa gamelan demung saron juga belum terbayar.

“Menurutnya yang sudah di bayar adalah penyanyi gajah sejumlah 14 orang x 250.000 dan yang agak mampu sebagai tokoh masyarakat di tarik 100 000 x 25 orang. Jadi acara tersebut masih ada kekurangan dana untuk pembayaran belum cukup dengan tegas” tuturnya

Masyarakat terkesan senang sekali karena di tingkat dusun atau dukuhan bisa mengadakan gelar budaya untuk bersih dusun. Masyarakat terkesan antusias, untuk menonton-nya, masyarakat kusus desa setempat maupun dari desa tetangga hanya saja akhirnya masyarakat keberatan dengan banyak iurannya. (AN)

News Feed