oleh

Suami Dicerai Istri Secara Adat

Pelaksanaan Perceraian Adat Pontianak

Beritatrends.com, Pontianak – Keberlangsungan hidup ini, bermacam-macam ragam, hidup, nasip, untung, rugi, jodoh dan tidak berjodoh, Semua itu yang di atas yang mengatur.

Salah satunya Eka, warga Dusun Selutung, Desa Selutung Kecamatan Mandor Kabupaten Landak,  pada awalnya Eka menikah dengan suaminya, bernama Aliong warga Cina beralamat di Pontianak kota yang dinikahkan oleh Orang Tua Eka secara baik-baik secara adat dayak kanayan.

Menurut adat yang berlaku di daerah dan tempat masing-masing selama perjalanan menikah,  Eka dengan Aliong baik baik saja, damai, aman, dan bahagia, Sehati saling mencintai dan menyayangi.

Sehingga di karuniai anak,  tetapi sayangnya kebahagian itu tidak begitu lama di rasakan oleh Eka. Suaminya minggat dari rumah istri nya sudah begitu lama, sampai 4 tahun tidak pulang dan tidak pernah berikan nafkah kepada istri dan anaknya.

Dan pada tanggal (07/07/2019)  Eka pergi ke Pontianak dengan membawa anaknya, abangnya, dan pengurus adat dan RT, bermaksud baik kalau bertemu mau mengajak suami nya pulang ke Selutung, namun harapan itu sia-sia , setelah datang di Pontianak suaminya tidak ketemu dan pergilah menemui rumah keluarganya.

Ternyata keluarganya menolak Eka, dan menyangkal keberadaan Aliong suami nya, maka Eka bersama anak, abangnya dan pengurus menemui RT tersebut.

Pelaksanaan Perceraian Adat Pontianak

Setelah bertemu RT, Eka mengungkapkan tujuan niat baiknya, meminta RT mencari keberadaan suaminya Aliong.

Setelah pertemuan itu, sampai satu minggu tidak ada kabar berita lagi dari RT tersebut, maka Eka mengumpulkan keluarga ahli waris dan pengurus adat untuk membicarakan hal tersebut.

Awalnya Eka memang bermaksud baik, namun karena sudah begini ceritanya maka segala harapannya pun sudah hilang, berubah lalu minta bercerai, dan di sepakati ahli waris dan orang tua.

Sehingga pada senin (29/7/2019) Eka menceraikan sang suami dengan membatar adat sesuai yang berlaku oleh pengurus adat setempat, didusun Selutung, Desa Selutung, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, secara sah dengan membuat berita acara percerai di atas materai.

Yang ditanda tangani oleh Eka selaku ahli waris dan pengurus adat, serta Sakimin sebagai Pasirah di dusun selutung.

Berlangsung besok pengurus adat ini akan pergi ke Pontianak, dengan membawa rekomendasi surat percerayan tersrbut, Supaya fihak keluarga Aliong mendatangani surat  perceraian tersebut. (Kuen/Rinto)

News Feed