oleh

Dosen Ilmu Administrasi Asli Sampang, berharap Kepemimpinan H. Slamet Junaidi. Proses Lelang Jabatan Di Kabupaten Sampang Harus Transparan.

Dr. Abdurrahman, Dosen Ilmu Administrasi di  Universitas Madura

 

Beritatrends.com, Sampang – Enam bulan masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan H. Abdullah Hidayat. Tentunya sebentar lagi akan melakukan mutasi atau lelang jabatan di setiap instansi di Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur.

Dalam hal ini, Perekrutan aparatur dan perangkat negara mesti selektif, jelas, dan transparan agar memperoleh sumber daya manusia yang berintegritas dan memadai.

“Ini penting karena lelang jabatan merupakan salah satu cara untuk menekan potensi korupsi, kolusi dan nepotisme,” ungkap Abdurrahman kepada beritatrends.com Senin (7/8/19)

Menurutnya, Rekrutmen jabatan harus dilakukan secara transparan, menggunakan indikator tertentu dan dilakukan oleh pihak yang netral dan kompeten dalam melakukan seleksi. Di samping itu, lelang jabatan juga berguna agar pegawai negara dapat menjalankan tugas yang lebih efektif dan efisien.

Menurut Abdurrahman, Lelang jabatan telah memiliki tujuan dan landasan hukum yang jelas. Maka ditegaskannya, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana proses lelang jabatan tersebut dilakukan dengan proses yang selektif dan transparan agar dapat diperoleh pejabat publik yang kredibel dan kompeten.

“Mekanisme lelang jabatan ketentuan-ketentuannya harus jelas. Sosialisasinya pun harus lebih baik lagi dan terbuka untuk umum, supaya mendapatkan figur pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang patuh terhadap prosedur, memiliki kemampuan teknis dan manejerial yang kompetitif,” Ujar Abdurrahman.

Selain itu lelang Jabatan Pimpinan Tinggi ( JPT ) bukan hal baru. Sebagaimana telah diamanahkan oleh UU Nomor 5 tahun 2014. Tentang Aparatur Sipil Negara ( ASN ), dan diperkuat dengan peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 11 tahun 2017 lembaran negara nomor 6037 tentang manajemen pegawai negeri sipil.

Kalau memang pemerintahan di Kabupaten Sampang, menginginkan lelang yang lebih baik. Maka tahapan hingga penentuan harus terbuka, sehingga publik punya ruang untuk memberikan masukan.

Berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan pemerintah Pusat, ada 3 syarat minimal yang harus di penuhi dalam lelang JPT yaitu.

1. Keterampilan teknis. Yaitu keterampilan sesuai dengan jabatan yang dilamar)

2. Keterampilan manejerial: yaitu keterampilan mengelolan organisasi.

3. Keterampilan sosial; yaitu keterampilan berkomunikasi dan interaksi dengan masyarkat atau lingkungan sosial yang dihadapi dan

4. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik.

kriteria diatas sudah sangat jelas diatur dalam PP No 11 tahun 2017 pasal 107 pada poin c.

Dengan adanya aturan tersebut, Dr. Abdurrahman yang merupakan Dosen Ilmu Administrasi di salah satu Universitas di Kabupaten Pamekasan, sangat berharap. Bupati dan Wakil Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan H. Abdullah Hidayat serta Sekretaris Daerah, agar berpedoman terhadap aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat. ( ToMet )

News Feed