oleh

Pembangunan Kantor baru PLN Bagan Siapi api Cabang Dumai, Tanpa Papan Proyek?

Lokasi Pembangunan Kantor baru milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero (BUMN) atau perusahaan Negara, Kota Bagan Siapiapi Cabang Dumai.

Beritatrends.com, Rokan Hilir – Tidak terdapat Papan Proyek, Papan Asuransi, dan Papan Direksi Keet pada Pembangunan Kantor baru milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero (BUMN) atau perusahaan Negara, Kota Bagan Siapiapi Cabang Dumai, tepatnya di Jln.Pahlawan, Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (17/07/2019).

Padahal pengerjaan Gedung baru PLN tersebut sudah hampir selesai, namun papan yang diwajibkan dalam terpasang, tidak pernah terlihat sama sekali.

“Proyek pun tertutup dari pandangan masyarakat. Telihat seng tinggi yang menutupi proyek, sehingga pekerjaan di dalam tidak terlihat dari luar,” kata Bud, warga sekitar proyek saat ditanyai Crew Beritatrends.

Bud mengaku sering melintas pada jaln depan proyek pembangunan gedung PLN tersebut berlangsung.

Sejauh pantauan lapangan hingga saat ini tidak terlihat papan pengumuman proyek tersebut.
Padahal, transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dilaksanakan pemerintah dalam menjalankan program kerjanya.

Dimulai sejak awal sampai akhir sebuah proyek yang dilaksanakan pemerintah. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan tender, sampai pelaksanaan proyek.

Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah. Seperti Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (Permen PU 29/2006) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (Permen PU 12/2014).

Berarti jika di lapangan terdapat sebuah proyek yang tidak menyertakan papan pengumuman proyek, sudah jelas menabrak aturan.

Bahkan patut dicurigai proyek tersebut tidak dilaksanakan sesuai prosedur sejak awal.

Jln.Pahlawan, Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir

Saat ditemui, Pengawas Kontraktor (Dumai-Bagan Siapiapi), Amol mengatakan bahwa pengerjaan gedung baru PLN tersebut sudah mencapai 90%.

“Hampir selesai di perkirakan persentasenya mencapai 90%,” Kata Amol.

Amol merupakan petugas pengawas kontraktor dari Dumai yang ditugaskan ke Bagan Siapiapi untuk memantau pekerjaan gedung baru PLN tersebut.

Saat ditanya soal kewajiban mengenai pemasangan papan proyek,”saya tidak mengetahui dengan masalah papan plang, papan ansuransi tenaga kerja,” ujar Amol.

Selanjutnya Crew Beritatrends mencoba menyambangi kekantor PLN Bagan siapiapi cabang Dumai, untuk menemui Direktur PLN.

“Bapak lagi ke pekan baru,” kata salah seorang tenaga pengamanan (security PLN).

Awak media mencoba menjumpai, Zeki yang merupakan orang nomer Dua di PLN (09/07),  namum beliau tidak berada di tempat.

awak media masih mencoba sms singkat melalui pesan WhatsApp pribadinya untuk konfirmasi dan verifikasi. balasan pesan WhatsApp dari pak Zeki mengatakan, “Sekarang saya lagi di pekan baru, besok baru nyampek ke bagan siapi api,” balas Zeki melalui pesan singkat WhatsApp juga (10/07).

Namun hingga ke esok hari, kamis (10/07) awak media mencoba menghubunginya lagi melalui pesan whatsApp, namun jawaban  WhatsApp dari Zeki,”Saya lagi sibuk nanti saya hubungi,” kata beliau menbalas Whatsapp Crew beritatrends yang bertugas.

Terakhir sms WahtsApp awak media ke Zeki pada (17/07/2019) Pukul 14.00 WIB sempat membalas,”Saya di Pekan baru,” balasan WahtsApp dari Zeki.

Hinga berita ini di terbitkan, awak media belum ketemu sama Direkthr PLN dan Pak Zeki belum bisa di konfirmasi masalah bangunan gedung tersebut. ( Jhoni)

News Feed