oleh

Libur Sekolah, Wisata Patung Budha Tidur Ramai dikunjungi Wisatawan

Wisata Budaya Majapahit Patung Raksasa Budha Tidur

Beritatrends.com, Mojokerto – Mahavihara Mojopahit merupakan tempat wisata budaya di Mojokerto,pada hari libur sekolah selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun luar kota,Kamis(11/07/2019)

Vihara yang terkenal dengan patung raksasa Budha tidur ini,di dirikan oleh seorang Biksu terkenal di era ini yang bernama Yang Mulia Viriyadi Mahathera.

Untuk tiket masuk tempat wisata, Wisatawan cukup membayar Rp. 4 ribu untuk dewasa dan Rp. 2 ribu untuk anak-anak.

Mahavihara Mojopahit,yang dibagun 35 tahun yang lalu dan diresmikan 31 Desember 1989 oleh gubernur Jawa Timur saat itu Sularso.Dua tahun setelah di resmikan mendapat kunjungan Arkeologi dari Belanda dan mereka membawa kopy peta menyampaikan bahwa tempat/lokasi saat ini berdirinya Mahavihara Mojopahit adalah dimana Zaman Ke-Emasan Mojopahit juga tempat berdirinya Buddhis Temple dan Petanya masih tersimpan di Negeri Belanda.

Loket Pembelian karcis masuk sangat murah

Pantauan britatrends.com di lokasi wisata,(11/07)budaya Mahavihara,pada hari libur sekolah kali ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal Mojokerto,maupun luar kota Mojokerto,khususnya anak-anak usia sekolah,baik yang baru pertama kali berkunjung maupun yang sudah perna beberapa kali mengunjungi tempat Wisata Budaya yang terletak di Jalan Candi Brahu,Desa Bejijong,Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Menurut penuturan salah satu Asisten Biksu Sutiyah(59) yang kebetulan saat tim beritatrends datang Biksu Bante wriyanadi sedang pergi ke luar Kota,menuturkan bahwa pada hari libur sekolah ini ,pengunjung mengalami peningkatan,menurutnya rata-rata pengunjung baik anak-anak maupun dewasa rata-rata sekitar 200 pengunjung.

“Pada liburan sekolah ini pengunjung meningkat di Vihara ini,dan pada tanggal 2 juli 2019 kemarin kelompok umat Hindu Bali berkunjung di Mahavihara Mojopahit untuk mediasi,” katanya.

Masih menurut keterangan Sutiyah,dia mengabdi di Mahavihara Mojopahit sebagai asisten 4 Biksu mulai dari tahun 2004-sampai sekarang 2019.

Salah satu rombongan pengunjung dari Kota Surabaya Maharani(41)mengatakan sangat senang berwisata budaya dan sejarah di Mojokerto karena banyak situs peninggalan kerajaan Mojopahit yang terkenal di seluruh Nusantara bahkan Dunia.

“Saya bersama rombongan senang sekali berkunjung dan melihat-lihat situs sejarah peninggalan Kerajaan Mojopahit ,sebagai edukasi buat kita dan anak-anak biar lebih mengenal sejarah bangsa kita yang bernilai sejarah tinggi,” ujarnya.(sus)

News Feed