oleh

Dinas PMPTSP Kabupaten Madiun Gelar Workshop LKPM Online

Kepala DPTMPTSP Kabupaten Madiun, Arik Krisdiananto memberikan materi workshop LKPM online yang digelar di gedung PKK Kabupaten Madiun, Kamis ( 11/7/2019)

Beritatrends.com, Madiun — Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Madiun menggelar pelatihan atau workshop tentang cara mengakses serta membuat dan menginput laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) secara online di Gedung PKK Kabupaten Madiun, Kamis (11/7/2019). Pelatihan itu sebagai sebagai tindak lanjut banyaknya pengusaha di Kabupaten Madiun kesulitan melaporkan kegiatan penanaman modal secara online.

Workshop LKPM online yang digelar di gedung PKK Kabupaten Madiun dibuka langsung Kepala DPTMPTSP Kabupaten Madiun, Arik Krisdiananto. Saat membuka acara, Arik menyatakan setahun yang lalu banyak investor yang melakukan kegiatan usahanya tidak membuat laporan realisasi investasi.

Padahal setiap tiga bulan, kata Arik, pengusaha wajib melaporkan kegiatannya kepada pemerintah. Dengan demikian setiap tahuannya, pengusaha wajib melaporkan kegiatannya selama empat kali.

Arik mengharapkan workshop laporan kegiatan penanaman modal secara online ini dapat membantu pengusaha. Untuk itu, jajarannya menggelar empat kali dalam tahun ini.

“Workshop ini upaya kami agar investor yang berusaha di kabupaten Madiun melaporkan realisasi kegiatan usahanya setiap triwulan, kata Arik.

Menurut Arik, LKPM merupakan upaya dari pemerintah agar bisa membantu pengusaha ketika ada permasalahan. Selain itu sebagai dasar untuk membuat kebijakan kebijakan pemerintah untuk mempermudah investor dalam berinvestasi.

Namun kendala utama yang sering dihadapi pengusaha adalah kesulitan dalam mengakses LKPM online. Untuk itu DPTMPTSP Kabupaten Madiun madiun akan mendampingi agar pengusaha rutin memberikan laporan setiap triwulan.

Ditanya target dari hasil workshop yang diadakan DPMPTSP, Arik optimis setiap investor yang berinvestasi akan melaporkan kegiatannya setiap tiga bulan sekali. Bila mengalami kesulitan membuat laporan, Petugas DPMPTSP Kabupaten Madiun siap mendampingi, memfasilitasi apa kesulitannya sehingga laporannya bisa terpenuhi.
Bagi Arik, LKPM merupakan aspek penting yang harus dilakukan oleh para investor. Pasalnya LKPM menjadi salah satu penunjang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Ia memperkiarakan tahun 2019, sebanyak 75 hingga 80 perusahaan yang akan dijadikan populasi untuk wajib lapor LKPM online.

Sementara itu Tridaman (41) peserta workshop LKPM online kepada wartawan mengaku merasa terbantu dengan upaya pelatihan yang digelar DPMPTSP Kabupayen Madiun. Sejauh ini, kesulitan utama adalah dalam mengakses LKPM online berupa input data.

“Kendala kami selama ini kami sulit mengakses LKPM online, juga cara menginput data atau laporan. Tapi ini tadi kita sudah diberitahu caranya lewat workshop,” ungkap Tridaman. (MAL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed