oleh

PT GRS Komitmen Tata Kelola Aplikasi Limbah dan Penuhi Permintaan Warga

Saat Pelaksanaan Komitmen Tata Kelola Aplikasi Limbah dan Penuhi Permintaan Warga

BERITATREND, LANDAK – Kantor  GRS (Selutung, mandor) di fasilitasi oleh  Kapolsek Menjalin Teguh prambudi, di hadiri oleh  Tony sulistiono  mill Manajer PT GRS, Zunaedi  , HRD Management , dan dari pihak Masyarakat di hadiri oleh 7 perwakilan.

Di antaranya, Rahman, Ramli, lukas, RAJIMAN (P.AKANG), Suparman, selaku perwakilan fihak  masyarakat Dusun tiang Aji Desa Lamoanak Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak Kalbar. Rabu (03/07/2019)

Acara disaksikan oleh Kades Lamoanak, Yoyakim, Serta hadir DPRKPLH (LH) Kabupaten Landak mewakili pemerintah , Ya Suharyoto ( Kasi Peningkatan dan Kerjasama DPRKPLH), Inosensius ( Kasi Inventarisasi ,Perencanaan dan Kajian Amdal ), Brian Wira Sugari (Staf DPRKPLH).

Yasuharyoto (Kasi Peningkatan dan Kerjasama DPRKPLH)

Acara yang di mulai jam 10 pagi , cukup alot dan semua fihak di beri kesempatan mengeluarkan pendapat, dengan inti tuntutan warga terhadap lahan pencadangan pertanian yang terdampak limbah sesuai pemberitaan terdahulu.

Warga meminta tangapan pihak Perusahaan dengan poin tertuang dalam notulen di antaranya, ganti rugi dampak limbah senilai 20 juta, namun lahan tetap milik masyarakat atau di bebaskan sebesar 35 juta / ha.

Surat Notulen Meeting Mediasi Mengenai Permasalahan Limbah antara PT GRS Dengan Warga Masyarakat Sekitar

“Poin ke 2 adalah penataan aliran sungai yang tersumbat  di normalisasi, namun harga ini akan kami ajukan lagi ke Managemen puncak dulu” kata Tony sulistiono.

Dokumen AMDAL sudah diterbitkan hanya kajian pengaplikasian pemanpaatan limbah cair di kawasan lahan kebun mengunakan sistem LAND APLICATION.

“Kami dari Lingkungan Hidup Masih melakukan uji aplikasi yang tepat, apakah sistem ini dan jaringan perpipaannya sudah tepat.Ini masih masa kajian sampai sejak bulan Februari 2019 sampai Februari 2020.Kami minta laporan progres kajian di sampaikan tiap bulan, dan kami mengevaluasi 3 bulan sekali.” Ujar Ya Suharyoto.

Diakhir mediasi Kapolsek Menjalin Meminta para pihak terap komitmen dan konsisten dengan hasil pertemuan ini. Intinya kalau ada hal yang berkaitan dengan sendi kehidupan khalayak ramai agar sesegera mungkin di tangapi dan di realisasikan sesuai dengan mekanisme dan aturan  yang berlaku.

Dengan tetap mengedepan kan budaya toleransi dan saling menghargai, agar terciptanya situasi kondusifitas, tak ada masalah yang tak bisa di selesaikan.

Kades lamoanak Bapak Yoyakim meminta kepada Warga yang mewakili Masyarakat agar menyampaikan keluhan apapun itu ke desa terlebih dahulu, agar murah diketahui pokok permasalahannya.

“Tahapan ini sudah tepat  jangan main seruduk, kita dukung Investor di bumi kita ini, pastinya kita tau pasti ada untung ruginya, mohon harap di maklumi.”Akhirnya. (Rinto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed