oleh

Ziarah Para Leluhur  Agenda Tahunan Menjelang Hari Jadi Kabupaten Ngawi

Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar dan Ketua DPRD Ngawi Dwi Riyanto Jatmiko

 

Beritatrends, Ngawi – Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar dan Ketua DPRD Ngawi Dwi Riyanto Jatmiko bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Ngawi lakukan ziaran makam Leluhur Pendiri Ngawi, Selasa (2/7).

Diantaranya Makam RM. Tumenggung Poerwodiprodjo (Bupati Ngawi 1887-1902), Makam R. Adipati Kertonegoro, makam Patih Pringgo Koesoemo, serta makam R. Patih Ronggolelono dan Putri Cempo.

Ziarah leluhur bagi jajaran Pemkab Ngawi sudah menjadi agenda rutin setiap tahun menjelang peringatan hari jadi Kab Ngawi.

Ony Harsono saat meuju makam

Menurut Ony Harsono, ziarah makam tidak bisa ditinggalkan dan menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 661 Kabupaten Ngawi.

” Kegiatan ini sudah jadi agenda rutin turun temurun sejak dulu sebelum menjelang peringatan Hari Jadi Ngawi pasti mengadakan Ziarah Leluhur dan kemarin hari Senin 1 Juli Juga telah di laksanakan Jamasan Pusaka yang juga jadi agenda rangkaian menjelang Hari Jadi Kab Ngawi, ” Ucap Ony.

Adapun Lokasi ziarah Leluhur di antaranya makam Raden Adipati Kertonegoro di Gunung Sarean Sine.Taman Makam Pahlawan (TMP), makam RM  Tumenggung Poerwodiprodjo ( Bupati Ngawi  1887-1902)

Makam Raden Patih Ronggolono dan Putri Cempo di makam Desa Tawang Rejo Ngrambe dan salah satu tokoh Ki Soemodarmodjo mantan Kepala Desa (Kades) Babadan, Kecamatan Paron Kab Ngawi.

“Tujuan Kegiatan Ziarah Leluhur tersebut  adalah melestarikan warisan budaya sehingga dapat di turunkan  dari generasi ke generasi,”pungkas Ony ( KIM/ Harno Wo).

News Feed