oleh

Peringati Hari Jadi Kabupaten Madiun Ke-451, RSUD Caruban Gelar Khitanan Massal Gratis

SUAPI–Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang biasa akrab disapa Kaji Mbing menyuapi anak-anak peserta khitanan masal dari keluarga tidak mampu di RSUD Caruban. Khitanan massal digelar RSUD Caruban memperingati hari jadi Kabupaten Madiun yang ke -451.

Beritatrends.com, Madiun — Memperingati hari jadi Kabupaten Madiun Ke-451, Rumah Sakit Umum Daerah Caruban menggelar sunatan massal gratis Kamis (27/6/2019).

Kegiatan sunatan massal yang diikuti 53 anak dari keluarga tidak mampu itu dibuka Bupati Madiun, Ahmad Dawami didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun, Ny. Penta Lianawati.

Nampak sebelum anak-anak disunat, Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Penta Lianawati memberikan baju muslim, sarung dan songkok secara simbolis kepada salah satu peserta sunatan massal. Sementara Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang biasa akrab disapa Kaji Mbing memotong tumpeng lalu diberikan anak-anak yang akan disunat.

PAKAIKAN SARUNG-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun, Ny Penta Lianawati memakaikan sarung kepada salah satu anak peserta khitanan massal yang digelar di RSUD Caruban.

Tak hanya memberikan nasi tumpeng, Kaji Mbing sesekali menyuap anak-anak yang menjadi peserta sunatan massal. Bupati Kaji Mbing pun turut larut makan bersama dengan anak-anak peserta sunatan masal di RSUD Caruban milik Pemkab Madiun.
Usai membuka acara, Bupati Kaji Mbing menengok prosesi sunatan di ruang tindakan RSUD Caruban. Kepada peserta sunatan massal, orang nomer satu di Pemkab Madiun itu memberikan motivasi sehingga anak-anak merasa tidak sakit saat disunat.
Kepada wartawan, Bupati Kaji Mbing memberikan apresiasi kegiatan sunatan massal yang digelar RSUD Caruban. Kegiatan itu menjadi doa dan pemacu bagi anak-anak untuk lebih berprestasi.

“Kegiatan ini kedepannya tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak tidak mampu saja. Tetapi bisa diikuti anak-anak yang mau disunat karena khitan diwajibkan menurut syariat Islam. Dengan demikian, dapat menjadi pemacu anak-anak sekolah untuk mengikutinya. Apalagi khitanan masal disaksikan langsung bupati dan wakil bupati,” kata Kaji Mbing.

BERIKAN MOTIVASI–Bupati Madiun, Ahmad Dawami memberikan motivasi kepada salah satu anak peserta sunatan massal yang digelar di RSUD Caruban agar tak sakit saat disunat.

Direktur RSUD Caruban, dr. Djoko Santoso mengatakan jumlah anak tidak mampu yang mengikuti khitanan masal sebanyak seratus orang. Lima tiga anak mengikuti khitanan massal di RSUD Caruban dan sisanya di RSUD Dolopo. “Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Madiun,” kata Djoko.

Menurut Djoko, peserta khitanan massal berasal dari Kecamatan Sawahan sebanyak dua orang, Kecamatan Balerejo sebanyak sepuluh orang, Kecamatan Wonoasri, enam orang, Kecamatan Mejayan, sepuluh orang, Kecamatan Pilangkenceng, delapan anak, Kecamatan Saradan tujuh anak dan Kecamatan Gemarang sebanyak sepuluh anak. (MAL)

News Feed