oleh

Jumantik Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Mojoruntut – Sidoarjo

 

KKN Mojoruntut di Rumah Warga Dusun Jabon Desa Mojoruntut

Beritatrends, Sidoarjo – Beberapa program KKN Universitas Negeri Malang yang ada di Desa Mojoruntut yang sedang berjalan saat ini memiliki perkembangan yang cukup baik, salah program kerjanya adalah Jumantik ( Juru Pemantau Jentik) yang dilakukan oleh beberapa perwakilan kader tiap dusun dengan didampingi oleh Ibu Kepala Dusun dan dipimpin langsung oleh Ibu Kepala Desa atau beberapa orang menyebut Ibu Lurah.

Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa mahasiswa KKN yang dibagi kebeberapa RT di Dusun Jabon, ini rutin dilakukan oleh kader-kader atas dorongan Ibu Kepala Desa, dengan adanya beberapa peristiwa belakangan ini yang terjadi di Jabon membuat Ibu Lurah merasa harus kembali melakukan kegiatan Jumantik, Kamis (23 Mei 2019)

pengecekan jentik nyamuk bersama Bu Lurah Mojoruntut dan Ibu kepala Dusun Jabon

Ibu Kepala Desa mengatakan, bahwa terjadi beberapa persitiwa di beberapa bulan ini salah satunya masyarakat yang terkena DBD (Demam Berdarah), dengan adanya peristiwa tersebut Ibu Kepala Desa bersama mahasiswa KKN melakukan pengecekan jentik-jentik nyamuk ke rumah warga pengecekan dilakukan didalam bak kamar mandi warga.

“Beberapa kamar mandi juga terlihat banyak sekali terdapat jentik-jentik nyamuk, sehingga saran yang diberikan oleh Ibu Kepala Dusun dengan menguras bak mandi secara rutin, pemberian obat untuk membunuh jentik-jentik nyamuk dan antisipasi lain yang diberikan adalah dengan pemberian ikan di bak mandi yang nantinya ikan memakan jentik-jentik nyamuk yang berada di dalam bak kamar mandi,”ucap Ibu Kepala Desa.

Masyarakat berterima kasih kepada para Mahasiswa KKN yang memberikan ilmunya kepada masyarakat

Lanjutnya, kegiatan Jumantik ini dirasa berdampak baik kepada masyarakat umumnya dan mahasiswa khususnya. “Jumantik dapat memberikan pengetahuan sederhana kepada masyarakat agar peduli terhadap kesehatan diri dan menjaga lingkungan, sedangkan mahasiswa memberikan pelajaran yang berharga untuk diterapkan dilingkungan daerah tempat tinggalnya dan menambah wawasan,”pungkas Ibu Kepala Desa. (Yolanda Serli Devana)

Loading...

News Feed