oleh

Disdukcapil Rohil Berupaya Meningkatkan Pelayanan ke Masyarakat

 

Kantor Disdukcapil Rohil, Jumat (17/5/2019)

Beritatrends, Bagan Siapiapi – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir Basarudin, telah melaksanakan pelayanan rekaman E – KTP pada hari libur,  ini dilakukan upaya mempercepatan layanan rekaman E- KTP, bagi yang belum melakukan rekaman atau pemula, Jumat (17/5/2019)

Seperti contoh menjelang Pemilu17 April 2019 kemarin, Disdukcapil Rohil, tetap melaksanakan tugas dan melakukan pelayanan kepada masyarakat guna rekaman E – KTP di hari libur, terutama melayani masyarakat yang belum melakukan rekaman atau pemula bahkan sama sekali yang belum pernah melakukan rekaman E – KTP.

“Hal ini diupayakan sebagai  memenuhi hak konstitusional bagi masyarakat (penduduk) agar dapat menggunakan hak pilihannya sebagai warga Negara Indonesia,”kata Basarudin.

Rekaman di hari libur, memang harus kami lakukan sesuai dengan surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI untuk mempercepatan pelayanan rekaman E- KTP,  sebagai tindaklanjut putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 20/PUU-XVI/2019 Tanggal 26 Maret 2019

Pada intinya putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 20/PUU-XVI/2019 Tanggal 26 Maret 2019, memerintahkan Bupati/Wali Kota agar Disdukcapil segera melakukan dan mempercepat pelayanan perekaman E-KTP kepada warga negara Indonesia yang berhak mendapatkan haknya semestinya. “Dalam melaksanakan pelayanan perekaman pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur lainnya,”ucap Baharuddin.

Melaksanakan pelayanan jemput bola kelokasi penduduk yang rentan dengan administrasi kependudukan, dan menerbitkan SK bagi penduduk yang sudah melakukan perekaman E- KTP yang  belum bisa dicetak.

“Disdukcapil di minta untuk berikan dukungan kepada KPU dalam hal pengecekan data yang diperlukan pada hari jelang pemungutan suara kemarin, sesuai dengan surat perintah, Disdukcapil Rohil sudah melaksanakan tugas sebagaimana yang di perintahkan,”jelasnya saat itu.

Kepala Dinas Dukcapil Baharuddin

Selanjutnya Bupati Rokan Hilir H Suyatno, membeberkan jumlah penduduk Rohil saat ini, lebih kurang 637.000 jiwa,  Suyatno menceritakan sambil duduk bareng Gubernur Riau Syamsuar  di Bagansiapipi. “Jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Rokan Hilir saat ini,  dari 18 Kecamatan, 173 Kepenghuluan, 25 Kelurahan /Desa,”ucap Suyatno yang diualang Baharuddin.

Dari jumlah yang di sebutkan di atas masih ada tiga Kecamatan yang belum memiliki kode wilayah atau  terregistrasi,  seperti Kecamatan Tanjung Medan, Balai jaya, serta Kecamatan Bagansinembah Raya.

Namun hal itu tetap kita upayakan bersama Gubernur Riau untuk menyelesaikan kode wilayah ditingkat kementerian, dan titik wilayah 14 kepenghuluan yang ada di Rohil.

masyarakat saat mengurus E – KTP di Kantor Dukcapil

Bekerjasama dengan Kementrian sebanyak,  21.057, E-KTP  yang terdaftar sebagai Print Ready Record (PRR) di Disdukcapil Rohil. Usai di cetak dan langsung di bagikan ke setiap Kepenghuluan melalui Kecamatan untuk di serahkan langsung kepada masyarakat.

“Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiluddin juga ikut menyerahkan 1.938 buah E-KTP kepada Datuk Penghulu melalui Camat Bangko Pusako, ini contoh keseriusan Pemda Rohil dalam hal melayani masyarakat, “terang Basaruddin.

Penyerahan E-KTP guna mendukung hak konstitusional masyarakat dalam memberikan hak pilihnya pada Pemilu, 17 April 2019 yang lalu.

Kecamatan Bangko Pusako, sudah di lakukan penyerahan E-KTP, dengan cara serentak di beberapa Kecamatan seperti, Kecamatan Bangko yang di serahkan oleh Kabid Dukcapil, Juli Asri  kepada Lurah dan Penghulu. Kecamatan Tanah Putih  diserahkan langsung oleh Kepala BKDSDM ” Roy Azlan serta di beberapa Kecamatan.

Secara keseluruhan di 15 Kecamatan yang ada di Rohil, E-KTP sudah dan akan disalurkan langsung kepada masyarakat.

“Jumlah E-KTP yang disalurkan, ada di 15 Kecamatan, Kecamatan Kubu : 1.141, Kecamatan Bangko : 2.136, Kecamatan Tanah Putih : 2.403, Rimba Melintang : 1.042, Bagansinembah : 4.746, Pasir Limau Kapas : 1.471, Kecamatan Sinaboi : 740, Pujud : 2.266, Tanah Putih Tanjung Melawan : 297, Bangko Pusako : 1.938, Simpang Kanan : 759, Batu Hampar  : 310, Rantau Kopar : 245, Kubu Babussalam : 958, dan Kecmatan Pekaitan : 605 keping E-KTP pungkas Baharunddin.( Adv/ jhoni )

News Feed