oleh

Pemkab Rohil Ingin Kembangkan Objek Wisata

 

Beritatrends, Bagan Siapiapi – Bupati Rokan Hilir H Suyatno di dampingi Sekda Surya arpan, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) ada  beberapa instansi lainnya meninjau lokasi yang akan di bangun Mesjid Muhammad Cheng Ho di Jalan Pulau Baru belakang pujasera, Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.

H Suyatno bersama Surya arpan dan Wazirwan yunus tadi pagi meninjau lokasi rencana tempat yang akan di bangun Mesjid berkontruksi China, / Cheng Ho, dengan luas tanah sekitar 2 hektar.

Suyatno menjelaskan, di sinilah lokasi  yang akan di bangun Mesjid Muhammad Cheng Ho berkontruksi China cetusnya pada awak media,  Mesjid Muhammad Cheng Ho ini baru ada di beberapa daerah seperti di Jakarta dan Palembang, ” Bagan Siapiapi rencana  pembangunan Mesjid muhammad Cheng Ho di laksanakan selepas lebaran “kata Bupati.

Mengenai dana pembangunan Mesjid Muhammad Cheng ho ini, beliau mengatakan” pembangunan Mesjid Muhammad Chengho ini di danai oleh tokoh tokoh warga keturunan yang berada di luar Rohil.

Pembangunan Mesjid Muhammad Cheng Ho, juga di lengkapi menara 25 tingkat dengan ke tinggian mencapai 50 meter juga ada tempat pariwisata,  Taman pendidikan Al – Qura’an dan Perpustaka’an,   kita akan tata betul, “Supaya tempat ini di jadikan objek wisata Religius” katanya.

mengenai dana pembangunan Mesjid ini “Perkirakan menelan dana lebih kurang sebesar 8 M cetus orang nomor satu di Rohil.

Bupati Rohil H Suyatno dan Ketua Dewan  Masjid Indonesia (DMI) mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Bagan Siapiapi sekitarnya, Rohil pada umumnya, untuk ikut mendukung program – program yang akan kita laksanakan  di Rohil.

Sekda Rokan hilir Surya Arpan bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Olah Raga  beberapa jajaran Pemda Rohil ” hadir dalam acara pemantauan Keamanan ” tempat acara tradisi Ritual Sembahyang Kuburan/Cheng Bheng di  Jalan Pusara hilir Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir,

Surya Arpan bersama Dinas Pariwisata dan Olah Raga, H Ali asfar beserta rombongan terjun lansung, meninjau lokasi tempat acara Ritual sembahyang kuburan / Ching Bheng tersebut.

Sambil melihat keadaan dan memantau kondisi di dalam lingkungan tempat acara ritual sembahyang kuburan, ” Surya panggilan akrab nya “menyempat diri berdialog dan memberikan arahan positif kepada penjaga keamanan dan masyarakat setempat, serta para pedagang musiman yang ada di dalam lingkup lokasi tersebut.

Selanjutnya beliau memberikan arahan dan mengajak masyarakat,   untuk menciptakan  kondisi keamanan, Kenyamana  dan ketentraman di tempat kita, agar warga  yang di luar dari Rohil tidak lagi merasakan cemas  untuk datang ke Bagan siapiapi dan melakukan Ritual sembahyang  Ching Bheng “ungkapnya.

Tlagi Ritual sembahyang Ching Bheng ini merupakan aset pariwisata yang ada di Rohil “mari kita jaga dan kita ciptakan keamanan ,kenyamanan bagi warga yang berkunjung di Rohil.

Beliau juga menghimbau silahkan warga keturunan thiongwa yang berada di luar Rohil datang ke Bagan siapiapi, Rohil aman,

 

Di tempat terpisah,  H Ali Asfar juga mengatakan, Sembahyang Ritual Ching Bheng ini  merupakan  aset wisata daerah Rohil, yang rame di kunjungi oleh warga keturunan baik manca negara dan lokal.

Mari kita ciptakan kondisi keamanan dan kenyamanan di Rohil ini.  Supaya warga keturunan yang berada di luar Rohil maupun mancanegara “mereka merasa nyaman untuk datang ke Bagan siapiapi,  sekalian melakukan ritual sembahyang kuburan/Cheng Bheng, ” ini merupakan tradisi yang mereka lakukan setiap tahun nya, “mengakhiri.  (Adv/ jhoni ).

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed