oleh

Pilkades di Magetan Bakal Pakai Pemungutan Suara Elektronik

Bupati Magetan, Suprawoto

Beritatrends.com, MagetanBupati Magetan memutuskan pengunaan sistem Pemungutan Suara Secara Elektronik atau E -Voting dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak yang akan dilaksanakan akhir tahun ini.

Keputusan ini diambil setelah diadakan rapat terbatas dengan Wakil Bupati Magetan, Sekretaris Daerah dan  sejumlah dinas terkait diantaranya Bappeda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Bakesbangpol,  Dispenduk Capil, Inspektorat, Dinas Komunikasi dan Informatika, Bagian Hukum, Bagian Administrasi Pemerintahan serta  Bagian Humas dan Protokol, Selasa (7/5/2019)

Terkait hal tersebut Bupati Magetan memerintahkan kepada dinas terkait untuk segera mempersiapkan segala instrumen pendukung baik dari legal standing maupun perangkat software maupun hardwarenya.

Pelaksanaan Pilkades dengan E- Voting nantinya akan bekerjasama dengan pihak BPPT RI.

Selain itu Bupati Suprawoto juga memerintahkan kepala Dinas terkait  untuk berkoordinasi dengan pihak BPPT serta melakukan “Study Tiru” disejumlah kabupaten yang telah melaksanakan Teknologi E- Voting dalam gelaran demokrasi tingkat desa ini.

Sejauh ini beberapa  daerah telah menerapkan sistem E-voting diantaranya Kabupaten Pemalang ( Jawa Tengah),  Bogor (Jawa Barat), Sidoarjo (Jawa Timur), Boyolali dan Bantaeng (Sulawesi Selatan).

Bupati berharap pengunaan sistem E-voting ini dapat meminimalisir kesalahan dan kecurangan yang berakibat timbulnya gugatan dan untuk efesiensi waktu serta sebagai sarana pengenalan teknologi pada masyarakat desa.

Selanjutnya selama dalam proses persiapan pelaksanaan pilkades dengan E-voting ini diminta kepada Kepala Dinas terkait untuk melaporkan segala sesuatunya terkait persiapan secara berkala kepada Wakil Bupati Magetan.

Pada tahun 2019 ini, tercatat sebanyak 184 desa yang melaksanakan Pilkades serentak, ratusan desa tersebut rencananya akan menggelar pesta demokrasi dengan menggunakan pemungutan suara elektronik. (Gal)

News Feed