oleh

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 23 Kabupaten Magetan

Inspektur Upacara Menyalami Komandan Upacara setelah upacara Hari Kartini dan Hari Otonomi Daerah Usai, Senin (22/4/2019)

Beritatrends, Magetan – Perayaan peringatan Hari Kartini ke 140 dan Hari Otonomi Daerah ke 23 Kabupaten Magetan tahun ini diperingati tidak secara seremonial, justru dijadikan satu kesempatan untuk mengingatkan agar para perempuan Indonesia semakin bermakna, dalam setiap pemikiran gagasan dan karya nyata.

Menurut Wakil Bupati Magetan Hj. Nanik Endang Rusminiarti S.Pd peringatan Hari Kartini dan Hari Otonomi Daerah menjelaskan, perempuan Indonesia sebagai Penerus Kartini, teruslah belajar dan meningkatkan kualitas peran dalam keluarga dan masyarakat serta pemerintahan, sehingga di masa yang akan datang semakin banyak lahir Kartini Kartini modern yang smart mandiri dan profesional yang siap mensukseskan pembangunan nasional.

Dan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 23 mengambil tema “Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik”, melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif.

Sumber daya manusia adalah landasan untuk kesejahteraan dan kunci penggerak dalam pembangunan negara kita, merupakan komitmen kita bersama untuk meningkatkan human capital yang meliputi kesehatan pendidikan perlindungan sosial kesetaraan gender dalam beberapa kebijakan strategis.

“Dalam bidang pendidikan misalnya saat ini pemerintah telah mengalokasikan 20 persen anggaran untuk pendidikan meningkatkan kualitas guru, manajemen sekolah dan proses belajar mengajar peserta didik, Pemerintah percaya bahwa masyarakat teredukasi akan memiliki produktifitas yang lebih tinggi,”ucap Nanik.

Selain bidang pendidikan pemerintah telah mengalokasikan dari kesuluran APBN untuk sektor kesehatan, Tahun 2019 ini dianggarkan Rp. 122 triliun untuk layanan kesehatan menurunkan stunting dan menjalankan keberlangsungan jaminan kesehatan nasional (JKN). Meski demikian dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia tersebut juga dipenuhi berbagai tantangan diantaranya masih perlu ditingkatkannya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dituntut pula pemimpin yang meiliki idealisme inovasi dan kreativitas untuk menyejahterakan masyarakat.

“Otonomi Daerah selain harus bisa menjadi mesin pendorong pengembangan potensi dan kreativitas masyarakat, juga harus mampu melibatkan masyarakat dalam rangka mencapai tujuan bangsa kita dengan tidak meninggalkan kekhasan daerah masing masing,”terang Nanik.

Memang saat ini kepala daerah didorong untuk melakukan inovasi dengan didukung pengembangan kearifan lokal daerah, dalam konteks otonomi derah kearifan lokal dan inisiatif lokal, serta karakteristik lokal tetaplah penting utamanya inisiatif lokal yang bisa terending Nasional dan bisa dicontoh daerah lain.

“Saya mengharapkan munculnya inisiatif lokal di Kabupaten Magetan, yang memiliki banyak manfaat bahkan dapat diimplementasikan secara nasional,”ucap Nanik.

Lanjutnya, Otonomi Daerah ini saya mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Magetan untuk terus meningkatkan kinerja dan kreativitas dalam melayani masyarakat, sudah saatnya ASN menjadi penebar inspirasi agar pelayaan publik menjadi lebih baik serta bisa menghasilkan kesejahteraan masyarakat,”ujar Nanik.

Pada peringatan Hari Kartini dan Otonomi Daerah ini juga diserahkan SK kenaikan pangkat secara simbolis bagi 694 pns periode 1 April 2019 di Lingkup Pemerintah Kabupaten Magetan yang telah hadir dari 23 orang PNS golongan I, 393 orang PNS golongan II, 167 orang PNS goloingan III, 111 orang PNS golongan IV.

Di tegaskan Nanik bahwa, perlu diketahui bersama kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil berdasarkan undang undang no 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan peraturan pemerintah no 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, kenaikan pangkat tersebut diberikan karena Pegawai Negeri Sipil telah memenuhi syarat dan dipandang cakap untuk dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi.

“Kenaikan pangkat bagi PNS bukanlah merupakan hak melainkan penghargaan yang diberikan kepada PNS atas prestasi kerja dan pengabdian terhadap Negara, Atas nama Pemerintah Kabupaten Magetan saya mengucapkan selamat kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah memperoleh penghargaan berupa kenaikan pangkat untuk itu saya berharap bagi saudara – saudara yang baru saja diberikan penghargaan kenaikan pangkat agar dapat lebih meningkatkan disiplin tanggung jawab dan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,”pungkas Nanik (Wawa)

Loading...