oleh

Peringatan Hari Kartini ke 140 dan ke 23 Hari Otonomi Daerah Tahun 2019

Wakil bupati saat memberi pengharga pada Kartini Kartini Magetan

Beritatrends, Magetan – Peringatan Hari Kartini dan Hari Otonomi Daerah Tahun 2019 kali ini diadakan di halaman Kantor Pemerintah Daerah Magetan Jalan Basuki Rahmad Timur No. 1 Magetan, Senin (22/4/2019).

Peringatan Hari Kartini ke 140 dan Hari Otonomi Daerah dihafiri Bupati Magetan beserta istri, Anggota Forkopimda Kabupaten Magetan beserta istri, Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Sekretaris Kabupaten Magetan beserta istri, Kepala Badan Dinas Instansi Kantor bagian dan Camat Se – Kabupaten Magetan masing masing beserta istri.

Upacara peringatan ke 140 Hari Kartini dan ke 23 Hari Otonomi Daerah tahun 2019 sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Magetan Hj. Nanik Endang Rusminiarti, S.Pd.

Sambutan Nanik mengatakan, bulan April ini merupakan bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena tanggal 17 April 2019 yang lalu secara serentak kita telah melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Umum DPR RI, DPRD Tingkat I dan II, DPD, serta pemilihan Presiden dan wakil Presiden, pantas bersyukur dan berbahagia hati, karena secara umum pelaksanaan pemilu di Kabbupaten Magetan dapat terlaksana dengan baik, tertib dan lacar.

“Hal ini tentunya tidak terlepas dari kesiapan dari segenap komponen baik dari KPU, PPK, PPS, KPPS, maupun pihak TNI/ Polri, dan Satlinmas, serta peran serta dari pemilih maupun seluruh masyarakat di Kabupaten Magetan,”ujarnya.

Atas suksesnya penyelenggaraan Pemilu tahun ini, kami ucapkan terima kasih kepada segenap Pegawai Negeri Sipil, di lingkup Pemerintah Kabupaten Magetan yang telah menjunjung tinggi netralitasnya dalam pelaksanaan pemilu.

“Bulan April ini merupakan bulan yang istimewa bagi pergerakan emansipasi wanita, karena tanggal 21 April merupakan peringatan hari lahirnya pejuang emansipasi wanita Indonesia, Yakni Raden Ajeng Kartini dengan Tema Semangat Kartini Semangat Perempuan,”jelas Wakil Bupati Magetan.

Dinamika sejarah bangsa menunjukkan perempuan di negeri ini telah memainkan peranan yang luar biasa dan menunjukkan kiprah yang sangat berarti, serta memberikan sumbangsih yang besar bagi kemajuan bangsa, hal ini tidak dapat dilepaskan dari sosok RA Kartini, yang dengan kritis mengingatkan tentang pentingnya pengetahuan dan pendidikan.

“Kini perempuan di Indonesia dapat merasakan semangat kesetaraan perempuan dengan laki laki. Saat ini masyarakat mampu melihat dan merasakan kiprah perempuan di berbagai bidang, seperti bidang sosial, ekonomi, hukum, dan Politik,”tandas Nanik.

Perempuan Indonesia diberi kesempatan seluas luasnya untuk menuntut ilmu. bahkan mendapatkan pekerjaan, serta menduduki jabatan yang stategis, baik di pemerintahan maupun swasta bahkan lembaga lembaga Negara.

“Perempuan dan kepemimpinan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dan terus berkembang mengikuti perkembangan jaman, utamanya keterlibatan perempuan di bidang ekonomi. Keterwakilan perempuan di parlemen, dapat memberikan keseimbangan serta menciptakan kultur pengambilan kebijakan publik, perumusan peraturan perundang undangan penganggaran dan pengawasan yang ramah dan sensitif,”terangnya.(Wawa)

Loading...