oleh

Tradisi Unik Warga Desa Glinggang Sambut Panen Raya Dengan Sesaji Ratusan Tumpeng

Kepala Desa Riyanto saat prosesi methik padi

Beritatrends, Ponorogo – Dengan semangatnya Terlihat antusias warga Desa Glinggang, Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo sibuk mempersiapkan tumpeng yang akan diarak disepanjang jalan desa menuju lokasi persawahan desa.

Dalam kegiatan prosesi budaya metik dalam istilah kejawen dan dalam rangka memasuki panen raya padi, warga adakan methik atau sesaji berupa tumpeng yang di arak di areal persawahan Desa Glinggang.pada hari Kamis 11 april 2019 bertempat di areal persawahan.

Persiapan beberapa tumpeng yang akan di arak warga desa Glinggang

Beberapa perangkat Desa Glinggang memasuki kawasan persawahan desa Glinggang,dan Tokoh Masyarakat berdo’a kepada Tuhan yang maha kuasa, karena dikaruniakan panen yang melimpah-limpah,dan hasil panen padinya membaik.

Pantauan Beritatrends ada sebanyak 200 tumpeng yang diarak warga dalam prosesi budaya metik padi. Tradisi seperti ini sudah dilakukan warga Desa Glinggang, dan secara rutinitas pada setiap tahun pasti di gelar kegiatan seperti ini.

Kepala Desa Riyanto S.IP menjelaskan untuk acara seperti ini merupakan tradisi masyarakat desa Glinggang yang sudah dilakukan sejak neneng moyang terdahulu dan merupakan kegiatan masyarakat yang bekerja sama dengan pemerintah desa Glinggang.

Dan juga acara ini rutin diadakan masyarakat desa Glinggang tiap tahun jelang masa panen padi,”dan menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk syukur masyarakat desa Glinggang kepada Tuhan karena hasil panen yang melimpah.

Dengan harapan kegiatan Ini ke depan semakin meriah ,karena merupakan bentuk rasa syukur kami kepada Tuhan, karena hasil panen padi yang melimpah,” tambahnya. (AN)

News Feed