oleh

Peran TNI Dalam Pengamanan Pemilu serentak 2019

Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE sebagai nara sumber peran TNI dalam pengamanan Pemilu serentak 2019

Beritatrends, Magetan – Divisi Penindakan Penanganan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Kab. Magetan mengelar rapat koordinasi yang diikuti oleh para Kapolsek se Kab. Magetan dan panwas HPP (hukum penindak pelanggaran) se Kab. Magetan. Kegiatan ini berlangsung di hotel Sri Rejeki Sarangan Kec. Plaosan Kab. Magetan. Jum’at(5/4/2019)

Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE sebagai nara sumber pada kegiatan tersebut menjelaskan bahwa peran TNI dalam pengamanan Pemilu serentak pada 17 April 2019 mendatang adalah menegakkan kedaulatan NKRI serta mempertahankan negara Republik Indonesia.

Jadi ada dua tugas TNI yakni Operasi Militer Perang (OMP) artinya jika ada negara asing menyerang negara kita sedangkan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) mengatasi separatis, pemberontak, teroris dan pengamanan objek vital dan membantu tugas pemerintah daerah dalam bentuk apapun. “jelasnya”

Adapun bentuk strategi TNI dalam pengamanan Pemilu bahwa TNI tidak bertindak sendiri jika ada permintaan dari Kepolisian, maka TNI siap bergerak dalam waktu 1×24 berdasarkan potensi tingkat kerawanan yang ada seperti terjadi bentrok antar pendukung. “imbuhnya”

Sementara itu koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kab. Magetan Abdul Nuril Huda S. Psi mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan penguatan kapasitas dan kapabilitas dalam pengawas pemilihan umum di tingkat kecamatan.

Selain itu, kegiatan ini untuk mereview serta melakukan koordinasi terhadap hal-hal yang menjadi kendala di lapangan dalam melaksanakan tugas penungkapan atau penindakan suatu pelanggaran serta menambah pemahaman informasi awal, hal-hal baru dan strategi didalam pengungkapan atau proses penindakan pelanggaran pada pelaksanaan pemilu tahun 2019. “jelasnya”

Azis mengatakan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran pihaknya bersama Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) sudah memetakan potensi pelanggaran pada saat pemungutan dan perhitungan suara dalam Pemilu 2019 mendatang. (tsr/Srs)

Loading...

News Feed