oleh

Membentuk Patriot Bangsa Melalui Saka Wira Kartika

 

Beritatrends, Magetan – Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara, wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Serma Suroto anggota Koramil 0804/08 Barat selaku pembina Krida Navigasi darat dalam kegiatan Saka Wira Kartika melaksanakan apel pengecekan personel yang dilaksanakan di Koramil 0804/08 Barat. Apel ini sebagai kegiatan rutin yang dilaksanakan sebelum anggota saka melaksanakan latihan atau menerima materi kesakaan. Sabtu(06/04/2019)

Dalam Saka Wira Kartika ada lima krida diantaranya Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat dan Krida Penanggulangan bencana alam. Kegiatan Krida Navrad salah satunya saat ini sering diajarkan di SMK Kartoharjo dan SMAN Barat. Semua itu tidak lepas dari Peran Aktif Babinsa dalam merangkul pihak sekolahan yang bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda agar nantinya bisa menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Serma Suroto dalam kegiatan tersebut menekankan bahwa belajar itu butuh proses bilamana nantinya kalian akan dihadapkan dengan kehidupan di dunia ini ada pahit dan manisnya kalian akan terbiasa karena saya yakin mental serta fisik sudah terbentuk dengan sendirinya. “ucapnya”

Dengan belajar navigasi darat siswi di ajari menentukan arah yang sebenarnya dan arah balik kedudukan atau biasa disebut Bekasimut serta mengompas dengan baik dan benar terlihat para personel Saka Krida Navrad dalam melaksanakan kegiatan tersebut dengan semangat yang tinggi serta patuh dan taat arahan pembina. (tsr)

Loading...

News Feed