oleh

Mulai 2019, Guru di Magetan Wajib Miliki SKP/DP3 dan Membuat Karya Tulis

Kepala Dinas Dikpora Magetan, Joko Santoso.

Beritatrends.com, Magetan – Dinas Pendidikan, Kemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Magetan mulai 2019, mewajibkan seluruh Guru memiliki Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Mengacu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2011 bahwa mulai 1 Januari 2014 Penilaian Prestasi Kerja untuk seluruh pegawai negeri sipil (PNS) telah berlaku.

Kepala Dikpora Magetan, Joko Santoso menjelaskan, Penilaian prestasi kerja PNS bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS, yang dilakukan sebagai dasar pertimbangan penetapan keputusan kebijakan pembinaan, karier Pegawai Negeri Sipil Guru.

“Proses penilaian bakal dilakukan oleh pejabat penilai terhadap sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja PNS,” terang Joko.

Sasaran kerja pegawai (SKP) adalah rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS yang telah disusunnya diawal tahun serta dinilai diakhir tahun, Nilai prestasi kerja PNS dinyatakan dengan angka dan sebutan (Baik/Kurang dan Buruk).

“Saya wajibkan mulai tahun 2019 ini, setiap pegawai negeri mesti mempuyai DP3/SKP dan membuat 2 karya tulis setiap tahun,” tegas Joko.

Joko menjelaskan setiap karya tulis PNS harus disertai bukti fisik menulis,”Setelah diseminarkan harus dipublikasikan lewat media masa (koran/jurnal),” jelasnya.

“Harus karya tulis sendiri,” tegas Joko, ia menilai biasanya PNS malas menulis sendiri dan menyewa orang untuk membuatkan karya tulis.

Setiap tahunya pihaknya menargetkan 2.000 guru menayangkan karya tulisnya,”ada 5000 guru ada di kabupaten Magetan, nanti bakal ada 10.000 karya tulis,” ungkap Joko.

Menurut Joko, selama ini Guru merasa di nina bobokan, di menak menak.

“Biarpun Guru yang mau pensiun, guru yang sudah tua dan muda semuanya wajib menulis karena ini aturan Negara,” pungkas Kadin Dikpora Magetan. (Gal)

News Feed