oleh

 Dinsos Sampang Berikan Bantuan Rumah Roboh Milik Lansia

Kadinsos Sampang Moh Amiruddin (kiri) mendampingi Kades Jrengoan H Mustofa (pakai batik) saat menyerahkan bantuan kepada Miskiyah

Beritatrends, Sampang – Akibat hujan sangat deras semalam, mengakibatkan 2 rumah seorang lansia roboh di Desa Jrengoan Kecamatan Omben Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Dengan tanggap Dinas Sosial Kabupaten Sampang memberikan bantuan kepada Miskiyah (69) pemilik rumah roboh.

Dengan adanya laporan dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Omben, milik Miskiyah Dusun Tambak Desa Jrengoan Kecamatan Omben. Dinsos Sampang, dengan tanggap darurat memberikan bantuan sembako dan alat-alat rumah tangga. Pemberian bantuan langsung di komandani oleh Kadinsos Moh Amiruddin yang di dampingi oleh relawan Tagana Sampang.

 

Saat dikonfirmasi Syamsul Arifin Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) menjelaskan, berdasarkan laporan dari TKSK Omben. “Dinsos bersama Tagana langsung tanggap dan memberikan bantuan berupa sembako dan alat-alat rumah tangga kepada Miskiyah yang di saksikan oleh Kadinsos dan Kades Jrengoan,”elasnya kepada Beritatrends. Selasa (5/03/2019).

Terpisah Sekretaris Tagana, Abd Wahed mengatakan, kronologis kejadian rumah roboh akibat hujan yang sangat deras dini hari sekitar pukul 04.05 Wib, yang mengakibatkan rumah milik Miskiyah roboh. Pada waktu kejadian pemilik rumah sedang ke kamar mandi mengambil wudhu untuk sholat subuh.

“Kemungkinan rumah milik Miskiyah sudah tua tidak bisa menahan derasnya hujan lalu roboh dan tidak ada korban,” terangnya.

H Mustofa Kades Jrengoan mengatakan sementara pemilik rumah roboh di tampung oleh keluarg terdekat dan rencananya mulai dulu rumah tersebut tidak layak huni dan akan di usulkan untuk mendapatkan bantuan rumah tidak layak huni (RTLH), akan tetapi, pemilik rumah tidak berkenan.

“Saya sudah mendatangi pemilik rumah tersebut untuk di usulkan bantuan RTLH, namun pemilik rumah menolak dengan alasan 2 rumah miliknya harus di rehab semua,”tuturnya.(Metto).