oleh

KPU Kabupaten Magetan Jelaskan Prosedur Pindah Memilih

Pengumuman Pindah Memilih Paling Lambat 17 Maret 2019

Beritatrends, Magetan – Komisioner  KPU Kabupaten Magetan, Nur Salam Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menjelaskan, mekanisme pengurusan pindah memilih KPU Magetan memfasilitasi pemilih karena keadaan tertentu untuk pindah memilih. Sehingga tetap bisa menyalurkan hak pilihnya saat hari pencoblosan 17 april mendatang.

Komisioner KPU Magetan menjelaskan, prosedur pengurusan pindah memilih dalam proses administrasi yang dimaksud adalah mencatatkan pindah memilih ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersedia di desa/kelurahan asal atau tujuan. Dari situ, calon pemilih akan mendapatkan formulir A5.

Formulir tersebut digunakan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan telah pindah memilih. Formulir A5 bisa didapatkan pemilih dengan menunjukkan e-KTP maupun identitas lainnya. Setelah yang bersangkutan dipastikan sudah menempuh proses administrasi pindah memilih, maka data pemilih di tempat asal yang bersangkutan akan dihapus.

Mekanisme tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Maksudnya dari pembentukan Undang-Undang (Pemilu), ini terkait dengan ketersediaan surat suara,”jelasnya.

Contohnya pindah memilih ini penting bagi mahasiswa atau santri yang notabene banyak tinggal di daerah tempat mereka menuntut ilmu. Narapidana, Pasien Rumah Sakit dan Orang yang bekerja diluar domisili serta bagi para pengungsi yang daerahnya tertimpa musibah / bencana alam.

Meski begitu, pindah memilih bukan tanpa konsekuensi, sebab bagi mereka yang pindah memilih tidak akan mendapatkan jumlah surat suara yang sama dengan tempat tinggal asalnya.

“Kalau pindahnya beda dapil dalam satu kabupaten/kota maka hanya dapat untuk DPR-RI, DPRD Provinsi, DPD dan Presiden – Wakil presiden. Kalau pindahnya sudah beda Provinsi tentu hanya mendapat surat suara Presiden – Wakil Presiden, karena sudah berbeda dapil,”jelasnya.

Selain menerangkan tentang pindah memilih, Dia juga mengingatkan batas akhir pengurusan surat pindah memilih, “Harus diingat pengurusan surat pindah memilih paling lambat tanggal 17 Maret 2019,” Pungkasnya. (Eva)

Loading...

News Feed