oleh

BENCANA ALAM TEBING LONGSOR DI DESA NGLINGGIS – TRENGGALEK

Kondisi jalan yang terkena bencana kendaraan harus ekstra hati-hati

Beritatrends, Trenggalek – Jalan Raya Trenggalek – Ponorogo KM 16 tepatnya di Rt 08/03 Dusun Pacar, Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek telah terjadi bencana alam tebing longsor setinggi sekitar 20 M, panjang 10 M dengan material batu dan tanah, Senin (04 Maret 2019) Pukul 19. 45 WIB.

Akibat bencana alan ini, mengakibatkan setengah badan Jalan Raya Trenggalek – Ponorogo Km 16 tertimbun material longsor sehingga arus lalu lintas Jalan Raya Trenggalek – Ponorogo KM 16 dengan sistem buka tutup.

Kronologi kejadian Pukul 18.00 Wib wilayah Kecamatan Tugu diguyur hujan dengan intensitas tinggi selanjunya Pukul 19.45 Wib terjadi bencana tebing longsor setinggi 20 M dan panjang 10 M dengan material batu dan tanah yang mengakibatkan setengah badan jalan raya Trenggalek – Ponorogo KM 16 tertimbun material longsor.

Pantauan Beritatrends kerugian akibat kejadian bencana tersebut badan Jalan Raya Trenggalek – Ponorogo KM 16 tertimbun material longsor dengan material tanah dan batu sehingga menyebabkan arus lalu lintas Trenggalek – Ponorogo terganggu namun masih bisa di lalui kendaraan roda 4 dan roda 2 dengan sistem buka tutup.

Upaya yang dilakukan aparat pemerintah desa bersama Babinsa Desa Nglinggis dan anggota Polsek Tugu melaksanakan pengecekan ke lokasi jalan raya Trenggalek – Ponorogo Km 16. dengan memasang tanda bahaya.

Menurut Babinsa mengatakan, bahwa bencana alam tebing longsor tersebut disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi, sehingga menyebabkan kostur tanah berupa tanah dan bebatuan menjadi labil.

“Menghimbau kepada pengendara agar berhati – hati saat melewati daerah tersebut, karena sepanjang jalan di Desa Nglinggis Kecamatan Tugu rawan akan terjadinya tebing longsor,”jelasnya.

Selanjunya, besok akan dilaksanakan pembersihan material longsor bersama dinas terkait. (Hari)

 

News Feed