oleh

Cinta Seni Reog Bagian Yang Tak Terpisahkan Dengan Masyarakat Kabupaten Ponorogo

 

Beritatrends, Ponorogo – Kesenian Reog merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat Kabupaten Ponorogo, kususnya dimana kesenian ini selalu ditampilkan dalam berbagai kegiatan.

Selain menampilkannya dalam berbagai kesempatan, kecintaan masyarakat pada kesenian ini asli daerah ini diaplikasikan dalam pembinaan kesenian Reog sehingga tetap digemari masyarakat baik usia tua, muda bahkan anak-anak.

Demikian halnya dengan satuan Kodim 0802/Ponorogo, sebagai bagian dari masyarakat personel Kodim 0802/Ponorogo juga merupakan pecinta kesenian Reog yang didukung oleh satuan dengan memberikan ruang dan waktu untuk melaksanakan pembinaan bagi anggota dan menampilkannya dalam berbagai kesempatan.

Jadwal latihan seni Reog Ponorogo setiap hari jum’at pagi usai melaksanakan kegiatan olah raga umum. Dan anggota kodim tergabung dalam grup Reog Singa Bhirawa Anoraga melaksanakan latihan di lapangan Makodim 0802/Ponorogo kemarin 1/3 2019

Kegiatan latihan dilaksanakan dengan pembagian peran dalam kesenian Reog, ada yang bertugas sebagai penari jathil, penari bujangganong, penari warok dan penari dadak merak. Setelah melaksanakan latihan per bagian, para pemeran ini selanjutnya melaksanakan kolaborasi tari kolosal Reog secara keseluruhan dengan memperagakan lakon-lakon dalam keseniannya.

Kesenian Reog yang dapat ditampilkan dengan berbagai lakon ini, menjadikan latihan kesenian Reog di Kodim 0802/Ponorogo terus dilakukan sehingga kesenian asli masyarakat Kabupaten Ponorogo ini akan terus lestari.

Ditemui di sela-sela latihan kesenian Reog ini, Koordinator grup Reog Singa Bhirawa Anoraga Kodim 0802/Ponorogo Kapten Inf Yatimin mengungkapkan bahwa, Kesenian Reyog Ponorogo ini merupakan bagian penting dalam tradisi masyarakat Kabupaten Ponorogo.

“Demikian pula dengan Kodim 0802/Ponorogo, sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Ponorogo, anggota Kodim 0802/Ponorogo juga pecinta kesenian asli daerah Ponorogo ini,”jelas Yatimin.

Lanjutnya, satuan Kodim 0802/Ponorogo yang memiliki grup Reyog Singa Bhirawa Anoraga terus meningkatkan kemahiran anggota grup untuk memainkan peran dalam kesenian Reyog melalui latihan-latihan yang dilaksanakan setiap hari Jum’at pagi usai pelaksanaan olah raga umum.

“Dengan latihan secara terjadwal ini, anggota Kodim 0802/Ponorogo yang tergabung dalam grup Reyog Singa Bhirawa Anoraga dapat menampilkan kesenian Reyog dalam berbagai kesempatan,” pungkasnya.(AN/Roso)