oleh

NYABAK Ke-10 Desa Tebuah Marong Sangat Meriah

Tokoh Masyarakat yang peduli Nyabak, mengajak seluruh masyarakat Desa Tabuah Marong, Kec. Ledo

Beritatrends, Bengkayang – Sepuluh kali sudah event Kebudayaan Masyarakat Desa Tebuah Marong, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang yang di angkat kepermukaan publik (2009-2019).

“Setiap tahun acara NYABAK selalu di adakan dengan sangat meriah, sebab merupakan ungkapan rasa syukur kita kepada JUBATA atas hasil tani yang melimpah”, tutur Libertus David.

Dijelaskannya lagi, ada beberapa rentetan acara yang disusun seperti, Ritual Nitik (Berdoa kepada Jubata), Tari parang, dan Pencak Silat.

Dihadiri oleh beberapa pihak, diantaranya Kapolsek Ledo Maju K. Siregar, Camat Ledo Marimin, Kepala Desa Tebuah Marong Salvius A’ang, serta warga setempat. Antusias warga pun terasa kental dalam memeriahkan acara tersebut.

lanjut David, menjelaskan NYABAK merupakan tradisi turun temurun suku Dayak Bekati dari Nenek Moyang. “Sangat perlu untuk di lestarikan oleh kita sebagai generasi penerus agar tradisi tersebut tidak punah,” sebutnya.

Mengenai sumber anggarannya, semuanya bersumber dari warga yang secara sukarela mengumpulkannya lalu diserahkan kepada panitia. Dua belas juta rupiah,” terangnya.

Yohanes Joni Sindori, selaku Ketua Panitia mengharapkan, agar semua pihak terkait dapat mensukseskan acara sadar budaya pada tahun 2020 mendatang. “Dan dia pun mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah ikut serta atas suksesnya acara tahunan ini,”pungkasnya. (NICODIMUS dan RINTO ANDREAS)

News Feed