oleh

Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020 Kabupaten Magetan

Saat di bukanya konsultasi publik

 

Beritatrends, Magetan – Program Prioritas Rancangan  Awal RKPD Kabupaten Magetan tahun 2020 yang dilaksanakan Bappeda Magetan dan langsung dibuka oleh Kepala Bappeda Purnomo, Rabu (27/2/2019).

Program tersebut menurut Purnomo pengembangan Pendidikan Karakter untuk anak usia dini ( penggunaan bahasa Jawa dan permainan tradisional di PAUD), pengembangan perpustakaan sastra Jawa di Dinas  Arpus dan penyediaan penghargaan bagi siswa berprestasi SD dan SMP ini merupakan keinginan Bupati Magetan

Selanjutnya tidak kalah pentingnya menekan angka stunting, gizi buruk, angka kematian ibu dan anak ini merupakan salah satu prioritas utama

Maka dari itu program pencegahan penyakit menular DB, TBC Dan HIV serta penyakit tidak menular seperti darah tinggi diabetes dan kesehatan jiwa kabupaten Magetan siap mengurangi dengan cara pencegahan.

Sarana bantuan pendidikan siswa miskin seperti seragam jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin kedepan tidak perlu ada kendala.

Rehabilitas RTLH , sumbangan  air minum dan sanitasi, serta bantuan sosial  seperti Sapras produksi pertanian bagi petani miskin, bantuan sarana pedagang bagi warga miskin  dengan sasaran 50 orang, pelatihan ketrampilan kerja bagi warga miskin, pelatihan usaha ekonomi produktif penyedia makanan bagi lansia terlantar ini semua program dari pusat namun kita harus mendukung apa yang di canangkan oleh pusat.

“Semua ini adalah usulan dari bawah kemudian di godok atau di musyawarahkan seperti ini dan akan adakan musrembang tingkat kabupaten lalu akan diajukan ke DPRD untuk di sahkan dan dilaksanakan di tahun berikutnya,” ucap Purnomo

Sedangkan Bupati Magetan tahun ini akan melaksanakan sebuah program tentang pelayanan  umum yang di pusatkan di tengah kota yakni di Pasar Baru lantai 2 dengan nama Mall Palayanan Publik dan Tempat Kesenian. (Hari)