oleh

Bersama PPL Menghitung Perkiraan Hasil Panen Padi Dengan Cara Pengubinan

PPL Pertanian melaksanakan pengubinan

Beritatrends, Magetan – PPL Pertanian melaksanakan pengubinan dilahan sawah milik Kusnul Poktan Karya Sari II Desa Purwosari Kecapmatan/Kabupaten Magetan, Rabu (27/2/2019)

Para petani biasanya selalu merasa penasaran ingin mengetahui jumlah hasil yang akan didapat dari budidaya tanaman padinya tersebut, namun para petani akan mengetahui jumlah hasil yang didapat setelah seluruh petakan sawahnya selesai dipanen, namun bagaimana untuk mengetahui jumlah perkiraan hasil panen yang didapat tanpa harus memanen petakan sawah seluruhnya? salah satu metode untuk mengetahui perkiraan hasil tersebut adalah dengan cara metode ubinan.

Metode Ubinan adalah salah satu metode dalam dunia pertanian untuk mengetahui perkiraan dari jumlah hasil yang akan didapat pada saat panen. Ubinan dapat diterapkan pada budidaya tanaman padi dengan cara sederhana, kitu cukup mengukur beberapa meter untuk dijadikannya tolak ukur atau perwakilan dari jumlah hasil perpetak sawah yang ingin kita ketahui hasilnya.

Suparno mengatakan, Metode ubinan ini sangat mudah dan sederhana di aplikasikan dilapangan, bahkan petani pun bisa melakukannya sendiri. adapun beberapa persiapan dan langkah dalam mengerjakan pengubinan.

Adapun bahan dan alat yang akan perlu seperti, karung, timbangan, arit, amparan, tali rapia dan alat untuk memisahkan bulir padi dengan malai serta tidak lupa alat penunjang lainnya seperti kalkolator dan alat tulis.

Langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah, pilih lah tanaman padi yang terlihat standar, tidak terlalu bagus ataupun sebaliknya.

Kemudian ubin petakan sawah dengan luasan 2,5×2,5 meter, usahan petakan yang diukur jangan terlalu dekat dengan pematang atau sebaiknya sekitar 3-4 meter dari pematang. setalah diukur dengan luasan 2,5×2,5 meter, tandai dengan tali rapia agar rumpun yang akan di ubin tidak tercampur dengar rumpun yang ada diluar ubinan.

Rumpun tadi di panen dengan arit kemudian jika sudah terkumpul, pisahkan bulir padi dengan malai. kemudian masukan kedalam karung, setelah itu bulir padi tadi timbang dan kemudian dilakukan penghitungan.jelas Serka Suparno. (Tsr/Hari)

News Feed