oleh

Pemberantasan Sarang Nyamuk Di Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan

pembersihan dan pemberantasan sarang nyamuk

Beritatrends.com, Magetan –  Kerja bhati pembersihan dan pemberantasan sarang nyamuk ( PSN) di lingkungan Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan.

Sehubungan dengan peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan sudah menjadi perhatian pemerintah pusat dan telah menjadi atensi pemerintah daerah.

Pemerintahan Kelurahan Tawanganom bersama Koramil 0804/01 Magetan mengajak masyarakat Kelurahan Tawanganom untuk memberantas sarang nyamuk.

Kerja Bhakti serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) diawali di rumah masing-masing warga. Kemudian dilanjutkan di pekarangan rumah dan kebun samping rumah. Dalam kerja bhakti ini dilanjutkan pembersihan di makam, lapangan yang banyak rumputnya yang dikhawatirkan dibawah rerimbunan rumput tersebut terdapat bekas gelas air minum mineral yang bisa untuk bertelur nyamuk.

Pelda Kahono juga menegaskan, gerakan harus fokus dan tepat sasaran ke titik air-air penampungan yang tidak berhubungan langsung dengan tanah. Seperti, bak kamar mandi dan bak toilet, tempat penampungan air, air jebakan semut pada kaki meja, air pembuangan kulkas, tempat minum burung dan binatang peliharaan lainnya, pot bunga dan barang bekas di sekitar rumah yang menjadi tempat tertampungnya air. Seperti ban, kaleng, tempurung kelapa, botol, gelas air mineral, potongan bambu, dan semua tempat yang bisa menampung air.

Kita harus pastikan juga rumah dan sekitar kita tidak ada jentik nyamuk. Karena 1 jentik betina, dalam 12-14 hari akan berubah menjadi nyamuk dewasa. Karena kalau ada jentik, berarti masyarakat terancam demam berdarah.

Pelda Kahono Bati Bhakti TNI Ramil 0804/01 Magetan juga mengingatkan jam-jam nyamuk Aedes Agypti dan Aedes Albopictus bekerja atau menggigit. Yaitu pada pagi hari pukul 09.00-10.00 dan sore hari pada pukul 15.00-16.00.

Untuk menghindari tergigit nyamuk, Pelda Kahono menyarankan agar warga pada jam-jam tersebut untuk melakukan aktivitas. Bila beristirahat dalam hal ini tidur, maka disarankan pakai kelambu atau lotion anti nyamuk. Lotion juga dioleskan ke tubuh anak pada saat pagi sebelum berangkat sekolah atau sore saat bermain.

Ketua RW 01 Sukarno dan ketua RW 02 bapak Muh Amin mengucapkan terima kadih kepada Koramil 0804/01 Magetan yang peduli terhadap masyarakat Kel Tawanganom. ( tsr/R1)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed