oleh

Musrenbang Kecamatan Sidorejo

Musrenbang Kecamatan Sidorejo

Beritatrends.com, Magetan – Musrenbang Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan pada pemangku kepentingan di tingkat Kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan di kecamatan yang bersangkutan.

Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan keapda SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Semarang pada tahun berikutnya. Musrenbang Kecamatan dilakukan setiap tahun pada bulan februari dengan keluaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan (sesuai dengan PP No. 08 Tahun 2008) serta masukan untuk renja SKPD Kecamatan Penyelenggara Musrenbang Kecamatan adalah kecamatan, Kecamatan bertugas untuk menyiapkan teknis penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan serta mempersiapkan dokumen Rancangan rencana Pembangunan Kecamatan.

Musrenbang kecamatan tidak semata-mata menyepakati prioritas masalah daerah yang ada di kelurahan yang diusulkan dari Musrenbang Kelurahan, tetapi untuk menghasilkan prioritas masalah dan kegiatan yang menjadi urusan dan kewenangan wajib dan pilihan pemerintah daerah. Selian itu Musrenbang juga merupakan forum pendidikan warga agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan.

Demikian halnya yang dilaksanakan pada Rabu, (06/02/2019) Bertempat di Balai pertemuan Kecamatan Sidorejo telah diselenggarakan Musrenbang Kecamatan yang dihadiri oleh Anggota DPRD Kab. Magetan Bpk Nur Wahyudi, Forkopimca Sidorejo, Para Kades Sekecamatan Sidorejo, Ketua Tim penggerak PKK Sekecamatan Sidorejo dan dan berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari wakil-wakil kelompok, Dusun, lembaga Desa, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa.

Dalam Sambutanya Camat Sidorejo Secondany Budi Wirawan S. Sos M.m menyampaikan dalam Musrenbang ini tujuannya adalah salah satu upaya mensejahterakan kehidupan warga masyarakat Kecamatan Sidorejo, kemudian dalam Musyawarah ini kecamatan Sidorejo merencankan Pembangunan yang ada diwilayah Kecamatan Sidorejo yang antara lain berupa akses jalan penghubung antara Desa Widorokandang dan Desa Kalang kemudian antara Desa Getasanyar dan Desa Sidomulyo kemudian Pembangunan tempat pembuangan sampah yang berada di Dusun Sampung Desa Sidorejo yang sangat di butuhkan masyarkat sehingga tercipatanya lingkungan yang bersih dan mencegah kebiasaan masyarakat yang membuang sampah ke Sungai” tuturnya.

Dalam Musyawarah tersebut dilanjutkan pemaparan hasil Musrenbangdes oleh Ketua Musrenbangkec, Dandung Wijanarka dan tanggapan dari Bapeda Kabupaten Magetan Ibu Siti Nurlaela yang menyampaikan akan mencermati usulan-usulan yang diperoleh dari MusrenbangKec yang nantinya akan dibawa ke Musrenbang Kabupaten kemudian untuk Desa yang mengajukan usulan supaya menyipakan Proposal tentang usulannya tersebu ke Kecamatan kemudian dilanjutkan ke tingkat Kabupaten sesuai bidang yang di Usulkan. (Tsr)

Loading...

News Feed