oleh

FESTIVAL KALI MBANJENG

Fistival Kali mbajeng yang di prakarsai oleh Mahasiswa KKN PPM UGM Yogyakarta bertujuan mengenalkan wisata yang ada wilayah desa Tapen

Beritatrends.com, Magetan – Desa wisata yang merupakan terobasan Bupati magetan yang dapat mengoptimalkan pontensi wilayah di bidang kepariwisataan, oleh karena itu Desa Tapen, kec. Lembeyan, kab. Magetan mengelar Fistival Kali mbajeng yang di prakarsai oleh Mahasiswa KKN PPM UGM Yogyakarta bertujuan mengenalkan wisata yang ada wilayah desa Tapen, Sabtu (2/2/2019)

Hadir dalam acara festival kali mbajeng Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto SH, M.Si Dosen pembimbing mahasiswa KKN PPM UGM, Hary Supriyono, Forkopimca kecamatan Lembeyan, Kepala Desa dan seluruh perangkat desa, dan segenap masyarakat Desa Tapen pada khususnya dan masyarakat kecamatan pada umumnya.

Acara dimulai dengan kirab Budaya yang di mulai dari depan kantor desa sampai lapangan desa Tapen yang di ikuti oleh segenap warga desa dan siswa sekolah, dan dilanjutkan pegelaran seni Reog Ponorogo.

Dalam sambutanya Bupati Magetan mengucapan terima kasih kepada Mahasiswa KKN PPN UGM yang telah memperkasai kegiatan ini sehingga acara dapat tetselengara dengan sangat luar biasa.

Beliau juga menuturkan ” Pengembangan desa wisata bukan sebagai yang terpisah-pisah, namun satu kesatuan (holistik). Sebab, tujuan utamanya adalah membangun desa wisata yang menyejahterakan winisatawan atau masyarakat yang diwisatai (dikunjungi).

“Jadi, wisata itu bukan hanya untuk kesenangannya wisatawan, tapi lebih penting lagi untuk kesejahteraan masyarakat yang diwisatai (dikunjungi). Ini perlu keberlanjutan agar kesejahteraan,”ujarnya.

Adapun pendekatan dalam pengembangan Desa Wisata, antara lain pariwisata berkelanjutan, pariwisata berbasis eko wisata dan pariwisata berbasis komunitas. “Pendekatan lainnya wisata berbasis budaya, wisata berbasis good tourism governance, pariwisata berbasis kesesuaian dan pengembangan wilayah,”pungkasnya. (tsr/R12)

News Feed