oleh

Dua Kandang di Desa Kebaran Timbulkan Lalat Sampai ke Rumah Penduduk

Petugas melakukan pemantauan kandang ayam potong yang diduga menjadi penyebab limbah dan lalat di Desa Kebaran, Tawanganom, Magetan, Rabu (30/01).

Beritatrends.com, Magetan – Menanggapi laporan warga tentang limbah dan populasi lalat yang membuat resah lingkunganya, petugas PPNS Satpol PP dan Damkar bersama Kepolisian setempat melakukan pemantauan Kandang Ayam di Desa Kebaran, Kecamatan Tawanganom, Magetan, Rabu (30/01).

Di Desa Kebaran terdapat 2 kandang ayam milik Sapari dan milik Sukimin yang diduga menjadi sumber limbah dan lalat yang di keluhkan warga.

Kandang milik Sapari sudah tidak beroperasi sedangkan kandang milik Sukimin yang beroperasi memiliki kapasitas 14 ribu ayam potong yang masih dalam tahap pembesaran karena baru saja panen.

Saat petugas mendatangi lokasi kondisi kandang sangatlah tidak layak, baik dari bangunan yang sudah rapuh dan penangganan limbah yang tidak baik menjadi penyebab banyak lalat di sekitar kandang.

“Selain tidak layak, terdapat banyak lalat yang ada di sekitar kandang bahkan sampai kepemukiman rumah penduduk,” ujar Khamim Basori, Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Magetan, Rabu (30/01) saat menggecek kandang.

Dalam pemantauan ini petugas belum bisa bertemu dengan pemilik kandang,”di karenakan pihak dari pengusaha Sukimin masih bekerja sebagai guru di SMP 4 Magetan, belum bisa kami temui,” kata Khamim.

“Kami sudah minta keterangan kepada pekerja dan warga, pemotretan diarea kandang dan rumah warga terdampak,” terangnya.

Pihaknya berncana akan mengambil tindakan dengan pemanggilan langsung terhadap pengusaha agar permasalah cepat teratasi,”Akan kita laporkan ke pihak atasan agar cepat ditindak lanjuti,” tegas Khamim. (Gal)

Loading...

News Feed