oleh

Melatih Dalam Kegiatan Latihan Gabungan Pramuka Penegak

Anggota Koramil 0804-13/ Bendo Menjadi Pembina Dan Melatih Dalam Kegiatan Latihan Gabungan Pramuka Penegak

Beritatrends.com, Magetan – Latihan gabungan pramuka penegak yang diikuti dari SMAN 1 Kawedanan jumlah peserta 30 anak dan kakak pendamping 5 anak , MAN 1 Magetan jumlah peserta 28 anak dan kakak pendamping 5 anak, SMKN Takeran jumlah peserta 20 anak dan kakak pendamping 3 anak serta dari SMKN 1 Bendo jumlah peserta 28 anak dan kakak pendamping 29 anak, Dilatih dan dibina langsung dari Anggota Koramil 0804-13/ Bendo bertempat di Gugus Depan 1371-1372 SMK Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan. (Minggu, 27/01/19)

Kegiatan latihan gabungan yang melibatkan empat sekolah yang ada di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Takeran, Kecamatan Kawedanan dan kecamatan Bendo merupakan kegiatan selain untuk menggali dan menyamakan ilmu pengetahuan tentang kepramukaan juga sebagai ajang silahturahmi antar pramuka penegak dari masing-masing sekolah agar mereka saling mengenal dan terbentuk rasa persaudaraan yang kuat baik sesama satu sekolah (gudep) maupun beda sekolah (gudep) sehingga tercipta rasa persatuan dan kesatuan.

Kegiatan latihan yang dimulai pukul 07.00 wib sampai dengan pukul 15.30 wib dimulai dengan acara pembukaan yang dilanjutkan dengan penampilan yel-yel dari masing-masing sekolah (gudep). Dengan semangat dan kompak baik suara maupun gerakan para peserta latihan pramuka penegak ini menampilan yel-yel. Mereka tidak mau kalah dan malu dihadapan para peserta lainnya. Sehingga mereka menampilkan yang terbaik untuk menjaga nama baik gudep mereka masing-masing.

Setelah kegiatan yel-yel acara dilanjutkan dengan kegiatan latihan baris-berbaris (PBB) yang dipimpin langsung Serka Muhammad Zaenuri. Gerakan dimulai dari gerakan ditempat, gerakan perubahan arah serta kemudian dilatihkan pula gerakan berjalan. “Pada dasarnya anak-anak pramuka penegak sudah bisa melaksanakan baris berbaris namun perlu dilatih dan dipraktekan lagi agar gerakan lebih bagus dan benar serta lebih kompak. Tujuan diberi materi baris berbaris juga untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung” tutur Serka Muhammad Zaenuri.

Pelda Budianto dalam Latihan gabungan ini juga memberikan materi Wawasan Kebangsaan, Cinta tanah dan Bela Negara. Dia mengatakan “Saya merasa bangga melihat adik-adik pramuka dengan semangat mengikuti latihan ini tidak menghiraukan panas teriknya matahari, Kalian adalah tunas-tunas Bangsa yang mempuyai mental yang kuat tidak mudah menyerah. Ini merupakan generasi harapan Bangsa yang bisa menjadi penerus untuk kemajuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”

“Untuk itu kita sebagai anak bangsa, Sebagai generasi penerus bisa dan tahu apa itu Pramuka. Karena di dalam Pramuka kita diajarkan untuk mandiri, saling membantu, sopan, rajin, terampil,dan gembira. Pramuka sebagai perekat bagi bangsa ini agar menjadi bangsa yang satu. Menjadikan karakter kaum muda menjadi karakter bangsa ini. Gerakan pramuka dalam melaksanakan fungsinya sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda Indonesia mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab dan berkarakter. Demi menjaga keutuhan NKRI”. Imbuh Pelda Budianto. (tsr/R13)

Loading...

News Feed