oleh

Babinsa Koramil 0804/01 Magetan Beri Pembekalan LDK Kepada Siswa SMPN 2 Magetan

Babinsa Koramil 0804-01/Magetan saat tampil menjadi instruktur untuk memberikan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Sabtu (26/1/2019).

Beritatrends.com, Magetan – Babinsa Koramil 0804-01/Magetan, Serka Dwi Harbianto dan Koptu Siswoyo, tampil menjadi instruktur untuk memberikan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), kepada 60 pelajar kelas VIII Siswa Siswi SMPN 2 Magetan.

Para Siswa Siswi SMPN 2 Magetan tersebut, diberikan pula pelatihan tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Tata Upacara Bendera (TUB). Danramil 0804-01 Magetan Kapten Inf Kiswanto, SE menyatakan, pelatihan PBB dan TUB serta pembekalan LDK, dilaksanakan di halaman Koramil 0804-01/Magetan.

Danramil 0804-01/Magetan Kapten Inf Kiswanto SE, Sabtu (26/1/2019), Yang Diwakili Komandan Pos Ngariboyo Peltu Hadi Kusnomo menambahkan, pembekalan LDK tersebut dilakukan atas permintaan dari Kepala SMPN 2 Magetan bapak Agus Sunardi Mpd. Bersamaan itu, juga diberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan (Wasbang) dan pembekalan tentang bela negara.

Kepada para Siswa Siswi SMPN 2 Magetan juga ditanamkan jiwa nasionalisme dan pemahaman tentang pentingnya melakukan penghormatan pada lambang negara, temasuk bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia.

Dalam sambutannya, Peltu Hadi menjelaskan bahwa Patihan Dasar Kepemimpinan ( LDK) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan’ya kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) tingkat sekolah menengah).

Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah.

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Fisik dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Mental.

Dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Fisik ini peserta dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi, terlebih selama mengikuti 3-5 hari Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Beberapa peraturan yang pada umumnya diterapkan dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ialah : Selama pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), peserta harus hadir di tempat tepat waktu, Kebersamaan ialah hal yang amat diperhatikan selama pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Jika ada 1 peserta saja yang tidak membawa air minum, saputangan, topi, ataupun atribut-atribut lainnya yang telah ditetapkan, maka seluruh pesertalah yang akan menanggung hukumannya,Setiap peserta wajib mematuhi seluruh peraturan dan perintah yang diberikan oleh tim pemberi Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Jika tidak, maka kepadanya akan diberikan hukuman, dan kebersamaan juga diterapkan apabila ada salah satu peserta Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang melakukan kesalahan.Hukuman dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Fisik biasanya berupa push-up untuk pria atau scott jump untuk wanita. Jumlahnya tergantung perintah dari pemberi Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Untuk Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Mental pada umumnya, materi yang diberikan. Pemberian materi kepemimpinan yang dibagi dalam beberapa sessi, seperti :
a). Sessi Kepemimpinan : Penyuluhan mengenai karakter pemimpin yang benar.
b). Sessi Komunikasi : Penyuluhan mengenai cara-cara berkomunikasi yang benar sebagai layaknya seorang pemimpin.
c). Sessi Problem Solving / Challange : Penyuluhan mengenai cara-cara seorang pemimpin memecahkan masalah secara efektif dan benar.
d). Sessi Dinamika Kelompok : Berupa permainan.

Peltu Hadi mengajak para siswa agar bersungguh sungguh dalam melaksanakan kegiatan ini yang akan dilaksanakan 2 hari. Harapannya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan hasil yang memuaskan. Pungkas Peltu hadi Kusnomo. (TSr/R01)

Loading...

News Feed