oleh

Gagal Raih Adipura, Magetan Bakal Buka TPA Baru

Bupati Magetan tinjau TPA milangsari

Beritatrends.com, Magetan – Buruknya pengelolaan sampah dan Tempat  Pembuangan Akhir (TPA) Milangasri yang Overload diduga menjadi penyebab gagalnya Magetan meraih Adipura 2018.

‘’Ternyata, TPA Milangasri sudah penuh,’’ kata Suprawoto, Bupati Magetan (18/1) saat melihat langsung kondisi TPA Milangsari. Bupati penasaran dengan kondisi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Milangasri yang katanya penuh tersebut.

Langkah Pengadaan lahan untuk TPA sampah baru pun, bakal diambil pemkab.

Peralatan pengolah sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Magetan dengan sistem sanitary landfill juga dalam kondisi rusak. hanya tinggal dua unit ekskavator uzur dan satu unit backhoe yang sudah tak berfungsi. ‘’Sarpras penunjang akan kami penuhi, pengelolaan TPA harus sesuai standar,’’ tegas Bupati.

Kepala DLH Magetan Saif Muchlissun mengatakan pindah lokasi menjadi jalan satu-satunya untuk mengatasi daya tampung TPA Milangasri yang sudah overload itu. ‘’Masih kami cari lokasi barunya,’’ ujarnya.

pihaknya masih berusaha mencari lahan baru untuk membuka TPA sampah baru.” Itu pekerjaan rumah kami. Sebab lahan TPA sampah tidak bisa sembarangan. Harus lahan tidak subur,” terang Saif.

Saif juga mengatakan pihaknya membutuhkan satu unit ekskavator dan satu unit backhoe,‘’Sudah kami laporkan kebutuhannya kepada bupati untuk dicukupi,’’ ungkapnya.

Di lokasi yang baru nanti, pihaknya akan berusaha maksimal mengelola sampah dengan sistem fullsanitary landfill,”Sampah akan dipilah lebih dulu, kemudian ditimbun dan diratakan setiap hari. Sedangkan di TPA Milangasri sebulan sekali. Untuk merealisasikannya,” pungkas Saif. (Gal)

Loading...

News Feed