oleh

Bela Negara Dalam Rangka LDK Osis SMP Negeri 1 Panekan

Memberi materi bela negara terhadap siswa siswa SMP negeri 1 Panekan

Beritatrends.com, Magetan – Dalam upaya memberikan pencerahan kepada generasi muda, Danramil 0804/03 Panekan Kapten Cba Ahmad mubangit memberi materi bela dalam rangka latihan dasar kepemimpinan ( LDK ) OSIS SMP Negeri 1 Panekan. Minggu ( 20/01/2019 ).

Danramil 00804/03 Panekan Kodim 0804/Magetan Kapten Cba Ahmad Mubangit berikan materi bela negara terhadap siswa siswa SMP negeri 1 Panekan dalam rangka latihan dasar kepemimpinan ( LDK) OSIS massa bakti 2018-2019.

Kegiatan LDK osis SMP negeri 1 panekan pada materi bela negara yang disampakan oleh Danramil 03 Panekan di ikuti oleh 40.siswa dan didampingi oleh babinsa Pelda Sukarno dan guru pendidik.

Di awal arahannya, Danramil menyampaikan Bela Negara merupakan tekad sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, rela berkorban demi kelangsungan hidup berbangsa dan berbegara.

Bela negara mempunyai tujuan agar para siswa mengerti dan faham tentang bela negara. bela negara adalah konsep tentang patriotisme seseorang maupun kelompok dalam kepentingan untuk mempertahankan negara. kita harus betul mencintai bentuk negara kita NKRI, sebagai pelajar salah satunya mengikuti aturan dan tata tertip yang berlaku di lingkungan sekolah , peraturan atau tatactertip sekolah sudah mengacu pada aturan yang diberikan oleh pemerintah. kallian sebagai osis SMP negeri 1 panekan harus bangga , kalian mendapatkan kepercayaan sebagai perwakilan siswa dan siswi yang memperoleh ilmu bela negara sehingga nantinya sebagai bekal untuk belajar dan dapat di berikan kepada siswa siswi lainnya . bela negara adalah sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai kepada NKRI berdasarkan UUD 45.

Unsur dasar bela negara antara lain : cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memilki kemampuan awal bela negara. sebagai pelajar mempunyai perilaku bela negara diantaranya melestarikan budaya, rajin belajar , taat dengan hukum dan aturan negara serta rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Fungsi bela negara untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman dan menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. Tsr/SkR03)
setiap warga negara mempunyai kewajiban bela negara dengan tujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, melestarikan budaya serta menjalankan nilai nilai pancasila dan UUD 45.

Manfaat belanegara sebagai siswa diantaranya mempunyai sikap disiplin baik cara berpakaian maupun ketepatan waktu.
menbentuk jiwa kebersamaan antar teman seperjuangan, membentuk mental dan fisik yang tangguh, menanamkan rasa cinta tanah air , bangsa dan patriotisme, berbakti kepada orang tua, bangsa dan agama ,serta membentuk prilaku siswa dan siswi jujur, tegas , adil dan peduli antar sesama.

” Maka penting bagi kalian sebagai osis atau pemuda untuk memiliki perasaan cinta kepada tanah air sehingga kedepan kalian akan meneruskan perjuangan dan mengisi pembangunan sebagai cita cita luhur pendahulu kita, selain itu juga harus memiliki kedisiplinan sebagai pelajar, bisa memimpin diri sendiri, dengan membiasakan displin maka kalian lebih mampu mengenal potensi diri dan mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat . ” pungkasnya.” ( R. 03 ).

Loading...

News Feed