oleh

Langgar Aturan Kampanye, Artis Ratna Listy Dipanggil Bawaslu Madiun

Artis Ratna Listy (kiri), caleg DPR RI Partai Nasdem berswafoto dengan simpasitan saat berkampanye di Pasar Spoor, Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu ( 19/1/2019) pagi. Caleg Partai Nasdem itu dipanggil Bawaslu Kota Madiun lantaran menggelar kampanye tak berijin dari aparat kepolisian. (Sumber foto dokumentasi Bawaslu Kota Madiun)

Beritatrends.com, Madiun – Gara-gara tak miliki ijin saat berkampanye, artis Ratna Listy dipanggil Badan Pengawas Pemilu Kota Madiun. Caleg DPR RI Partai Nasdem itu disemprit Bawaslu setelah menggelar kampanye di Pasar Spoor Kota Madiun tanpa izin dari aparat berwenang, Sabtu ( 19/1/2019).

Ketua Bawaslu Kota Madiun, Kokok Heru Purwoko saat dihubungi , Sabtu ( 19/1/2019) siang membenarkan pemanggilan terhadap Ratna Listy. Caleg DPR RI Partai Nasdem Dapil Delapan Jawa Timur nomer urut sembilan itu dipanggil untuk diklarifikasi terkait aksi kampanyenya di Pasar Spoor Kota Madiun. “Ratna akan kami klarifikasi terkait kampanye yang tak berizin di Pasar Spoor tadi pagi,” ujar Kokok.

Kokok menjelaskan setiap caleg yang akan menggelar kampanye semestinya harus mengantongi surat tanda terima pemberitahuan kampanye (STTPK) dari kepolisian. Namun setelah dicek di kepolisian, STTPK kegiatan kampanye Ratna Listy tidak ada.

Menurut Kokok, artis kelahiran Kota Madiun itu melakukan kampanye karena menemui warga, membagi-bagikan alat peraga kampanye berupa kaos dan kalander.

“Petugas kami juga menjumpai Ratna menggunakan atribut partai dengan membawa orang lengkap dengan pakaiannya. Jadi unsur berkampanye terpenuhi,”ujar Kokok.

Kokok menyatakan aksi Ratna menggelar kampanye tanpa izin masuk pelanggaran administrasi. Untuk itu Bawaslu tidak hanya menjatuhkan sanksi teguran bagi artis penyanyi dan pembawa acara tersebut.

“Sanksinya tidak hanya teguran saja. Kami bisa menjatuhkan sanksi pengurangan jumlah kampanye di Kota Madiun hingga satu bulan,” jelas Kokok.

Ia menambahkan Ratna Listy dipanggil siang ini di Bawaslu Kota Madiun untuk diklarifikasi. Namun bila dua kali dipanggil tak datang, Bawaslu bisa menjatuhkan sanksi langsung kepada caleg tersebut.  Informasi yang dihimpun, Ratna Listy akan mendatangi Kantor Bawaslu Kota Madiun sore ini. (Alawi)

Loading...

News Feed