oleh

Wujudkan Pelayanan Bersih, Polres Magetan Canangkan Pembangunan (ZI)

Kerja sama Zona Integritas yang ditanda tangani oleh Kapolres Magetan dengan Bupati Magetan dan seluruh Anggota Forkopimda serta dari LBH Magetan.

Beritatrends.com, Magetan – Dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Kepolisian Resort (Polres) Magetan, Polres Magetan canangkan Pembangunan Zona Integritas (ZI).

Ditandai dengan Penanda tanganan kerja sama Zona Integritas oleh Kapolres Magetan dengan Bupati Magetan dan seluruh Anggota Forkopimda serta dari LBH Magetan di Aula Pesat Gatra Polres Magetan, Kamis (10/01/2018).

Kapolres Magetan, AKBP Mohamad Riffai, SH. SIK. MH menjelaskan Revormasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal mendukung program pemerintah untuk melakukan penataan terhadap sistim penyelenggaraan organisasi Polri.

Tujuanya, untuk mewujudkan Good and Clean Governance menuju aparatur polri yang bersih dan bebas KKN, meningkatkan pelayanan prima kepolisian serta meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja.

Dalam mewujudkan hal tersebut tentu terdapat
kendala yang harus dihadapi oleh Polres Magetan nantinya, seperti adanya penyalahgunaan wewenang, pratek KKN, diskriminasi dan lemahnya pengawasan.

“Guna menghilangkan perilaku penyimpang dan koruptif Anggota Polri, dilakukan langkah-langkah strategis melalui pembangunan Zona Integritas ini,” ujar AKBP Muhamad Riffai.

Lanjutnya, proses pembangunan Zona Integritas merupakan tindak lanjut dari pencanangan Zona Integritas yang difokuskan pada penerapan program Menajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataaan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat kongkrit.

Pencanangan Zona Integritas mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 22 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Birokrasi Bersih dan Melayanai (WBBM) dilingkungan instansi pemerintah.

Serta Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : Kep / 580 / VI / 2016 tanggal 9 Juni 2016 tentang Petunjuk
Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Polri.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. MSi dalam smbutanya mengapresiasi pencanangan Zona Integritas polres Magetan tersebut.

“Untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada satker yang memenuhi sebagian besar program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan dan Penguatan Akuntabilitas Kinerja,” kata Bupati.

Sedangkan menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada satker yang memenuhi sebagian besar program manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Suprawoto berharap Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ( ZI) di tingkat Kepolisian Resort Magetan harus dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas.

“Supaya semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan ikut berperan di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” pungkas Suprawoto. (Gal)

News Feed