oleh

Warga Desa Mojojajar Menemukan Sumur Tua Diperkirakan Peninggalan Kerajaan Majapahit

Warga Dusun Gapuro saat menujukan penemuan sumur kuno

Beritatrends.com, Mojokerto – Fragmen sumur kuno di temukan oleh Warga Dusun Gapuro Desa Mojojajar Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto

Penemuan tersebut bermula saat saat warga menggali tanah yang rencananya akan di buat draynese saluran air warga.

Sumur kuno ditemukan pada kedalaman tanah kurang lebih 1 meter.Sumur ini pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang bernama Waris(69) warga Dusun Gapuro.

Saat itu Waris mengaku berawal dari adanya penggalian draynese untuk saluran air kemudian dirinya melihat ada tumpukan bata, merasa penasaran dirinya memanggil warga lain untuk menggali lebih dalam lagi, dan ternyata ada sebuah sumur kuno yang di perkirakan sumur peninggalan jaman Kerajaan Majapahit.

“Penggalian dilakukan pada tanggal 25 waktu natal kemarin dengan menggunakan alat berat,lalu dilanjutkan pada tangga 1_7 januari 2019 kemudian ketemu lah ini,”jelasnya,Senin (7/1/2019).

Waris menjelaskan bahwa tempat penemuan sumur kuno dulunya berupa tanaman pohon bambu(red.barongan bajasa jawa) kemudian akan di buat draynese untuk saluran air warga karena sering terjdi banjir di desanya.

“Sumur dengan ukurannya lingkaran dalamnya 65 cm kemudian lingkaran luar 90 cm, itu sudah saya ukur,tapi kedalamannya saya kurang tau,”katanya.

Menurut Waris jenis batu bata nya ada yang trafesium, ada yang jajaran genjang beda dengan yang ada di candi-candi di wilayah trowulan Mojokerto.

“Kepala Dusun Gapuro sudah melaporkan kepada pihak yang berwenang, karena kemarin saya lihat banyak yang datang ke lokasi penemuan sumur kuno, kelihatanya dari Muspika Kecamatan Kemlagi,”pungkasnya.(sus)

News Feed