oleh

Cegah Penyakit Difteri, Santri Jombang Disuntik Vaksin Gratis

Santri Jombang Disuntik Vaksin Gratis

Beritattends.com, Jombang – Mencegah penyakit difteri menyebar di pondok pesantren, Puskesmas Brambang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur lakukan suntik vaksin gratis kepada santri Pondok Pesantren Al Aqobah Jombang, Kamis (26/7).

“Imunisasi difteri ini merupakan putaran kedua. Putaran pertama dilakukan pada bulan Februari-Maret 2018 lalu. Untuk putaran ketiga akan dilakukan pada bulan November-Desember 2018 nanti. Kegiatan ini gratis dan dibiayai oleh pemerintah,” jelas perwakilan tim Puskesmas Brambang, Kuntum.

Kuntum menambahkan imunisasi pemberian vaksin difteri ini akan dilanjutkan pada tahun 2019 nanti bila masih ditemukan korban difteri. Pola yang diterapkan pun juga sama yaitu menggunakan tiga putaran.

“Semboyan kita pencegahan lebih baik dari pengobatan. Difteri jenis penyakit menular dan mematikan. Difteri biasa menyerang selaput lendir, dengan ciri-ciri awal batuk-batuk dan suhu badan panas. Penyakit ini juga bisa menyebabkan tidak bisa makan dan minum. Singkatnya, yang tidak diberikan vaksin difteri rawan terkena penyakit difteri lebih besar,” tambahnya.

Ia menjelaskan untuk diperhatikan bahwa yang sudah disuntik vaksin difteri bukan bearti tak ada potensi terkena penyakit menular ini. Namun yang mendapat suntik vaksin maka lebih mudah dirawat dan tidak memerlukan perawatan mahal.

“Bagi yang tidak suntik vaksi sekarang maka bila kena difteri harus membeli obat anti difteri dengan harga cukup mahal yaitu Rp. 1-1,5 juta. Tidak hanya itu, pasien juga perlu perawatan 10 hari di rumah sakit dan diasingkan,” ujarnya.

Kuntum memberikan solusi untuk menghindari penyakit difteri yaitu dengan melakukan gaya hidup sehat dan segera memeriksa ke rumah sakit bila menemukan gejala difteri. “Banyak-banyak minum air putih bisa mengurangi potensi terkena difteri,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al Aqobah Ahmad Kanzul Fikri mengucapkan terimakasih kepada pihak puskesmas yang rela meluangkan waktunya melakukan suntik vaksin. Ia berharap kedepan pasca kegiatan ini semua santri sehat jasmani dan bisa fokus belajar.

“Disini kegiatannya full, kalau ada santri yang sakit maka mereka akan ketinggalan jauh sama temannya. Makanya kita mengucapkan banyak terimakasih kepada tim dari puskesmas,” pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti ratusan santri dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Aqobah. Kegiatan ini terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama khusus santri puteri dan setelah semua selesai baru dilanjutkan santri putera. (*)

News Feed