oleh

Bambang Setiawan Nahkodai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan

Bupati Magetan Sumantri saat pengambilan supah kepada Bambang Setiawan menjadi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan, Senin (23/7/2018)

 Beritatrends.com, Magetan – Menurut Mendagri Tjahja Kumolo mengatakan, Gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota atau wakil wali kota dilarang mengganti pejabat, 6 bulan sebelum akhir masa jabatan atau 6 bulan setelah dilantik. Hal ini tercantum dalam Peraturan Mendagri (Permendagri) yang ditandatangani.

Tjahjo menandatangani permendagri tersebut pada (22/9/2016) lalu, seperti dikutip dari situs Setkab, Senin (16/10/2016). Permendagri tersebut nomor 73/2016 tentang Pendelegasian Wewenang Penandatanganan Persetujuan Tertulis untuk Melakukan Penggantian Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Dalam permendagri itu ditegaskan bahwa gubernur, wakil gubernur, bupati wakil bupati, wali kota atau wakil wali kota dilarang mengganti pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari menteri.

Menurut permendagri ini, menteri berwenang memberikan persetujuan tertulis atas usulan permohonan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota atau wakil wali kota sebagaimana dimaksud untuk penggantian pejabat pimpinan tinggi madya dan pejabat pimpinan tinggi pratama. Menteri mendelegasikan kepada direktur jenderal otonomi daerah untuk memberikan persetujuan tertulis.

Dirjen otonomi daerah Kemendagri menyampaikan laporan pelaksanaan pendelegasian wewenang sebagaimana dimaksud setiap 6 bulan kepada menteri, bunyi pasal 5 ayat (2) permendagri ini.

Permendagri itu berlaku sejak tanggal diundangkan yaitu pada (27/9/2016) oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkum HAM Widodo Ekatjahjana.

Namun pada akhir jabatanya Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM pada hari Senin (23/7/2018) di Pendopo Surya Graha telah dilaksanakan Pelatikan Kembali Pejabat Pratama di Ruang Transit Bupati di Pendopo Surya Graha yang hadir oleh Bupati Magetan, Wabup Magetan, Sekda kab Magetan, Staff Ahli dan Asisten , Ka  BKD kab. Magetan, Ka. Dinas lingkup Sekretariat Pemkab Magetan, Rohaniawan dari Kemenag Magetan.

Pada Pembacaan Surat Keputusan Bupati 821/80/kept/403.203/2018 mengangkat kembali yang bernama Bambang Setiawan IV/C ( Pembina Utama Muda) sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Magetan dalam proses Pelantikan oleh Bupati Magetan dilanjutkan Pengambilan Sumpah oleh Bupati Magetan.

Selanjutnya penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah oleh Bupati Magetan dan Ir. Bambang Setiawan, MM beserta Saksi serta pembacaan kata – kata Pelantikan oleh bupati Magetan.

Dalam sambutan Bupati Sumantri yang intinya, pelantikan hari ini adalah bertujuan untuk menata kembali pejabat di Lingkungan Pemkab Magetan, khususnya Ir. Bambang Setiawan, MM yang dalam hal sudah kembali beraktifitas sebagai ASN, dinyatakan tidak bersalah dalam kasus Tindak pidana korupsi kemarin.

“Mulai hari Ir. Bambang Setiawan, MM dapat melaksanakan tugas kembali sebagai ASN di lingkup Pemkab Magetan dengan bersungguh – sungguh dan bisa menghindari hal hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, dan pemerintah Kab. Magetan. Hendakanya dapat kembali dan cepat beradaptasi di lingkungan yang baru di Dinas Pariwisata dan Kebudayan kab. Magetan,”pungkas Sumantri

Bambang Setiawan dalam wawancaranya mengucapakan, saya akan berataptasi dulu dilingkungan tempat kerja yang baru, semoga kedepat bisa menjadi lebih baik.

“Sebelumnya saya berterima kasih kepada Bupati Magetan yang telah mempercayakan kembali saya untuk bertugas sebagai pejabat di Magetan dan mohon dukungannya dalam melaksanakan tugas ditempat yang baru,”pungkas Bambang. (Gal/Lak)

News Feed