oleh

Cangkrukan Bela Negara di balai Desa Wonokalang – Sidoarjo

Beritatrends.com, Sidoarjo – Gelar cangkruan bersama forkopimka kec.Wonoayu, Jum’at(20/07/18) malam di balai Desa. Wonokalang kecamatan Wonoayu. Kegiatan di gelar dalam rangka semangat bela negara dan kita wujudkan kabupaten Sidoarjo yg semangat, inovasi aman dan peduli Siap ke – IV Tahun 2018. Acara ini dihadiri sekitar 100 orang yang mana di hadiri antara lain Camat Wonoayu, Danramil 13 Wonoayu, Kapolsek Wonoayu, Kades Wonokalang dan perangkatnya, Tomas, Toda dan Karangtaruna. Kegiatan ini di awali dengan menyanyikan lagu indonesia Raya, Sambutan Camat Wonoayu,didalam sambutanyan camat Wonoayu mengatakan kegiatan cangkrukan bela negara merupakan bagian dari upaya pencerahan bagi seluruh warga masyarakat kususnya Kec Wonoayu, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. “kedaulatan negara dan keutuhan wilayah Indonesia tidak hanya menjadi tanggung jawab bapak bapak TNI saja akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh warga masyarakat sesuai kemampuan dan profesi masing masing” pungkasnya

Sedangkan Sambutan Danramil 13 Wonoayu tentang materi wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dan dilanjutkan tanya jawab. Dalam Sambutan Danramil 0816/13 Wonoayu, Kapten Inf. Kabul Tarmanto Mengatakan disamping sebagai sarana silaturahmi antara anggota Koramil 13 Wonoayu dengan seluruh komponen masyarakat Ds Wonokalang. Kegiatan Cangkrukan Bela Negara merupakan upaya mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan siap membela tanah air Indonesia terhadap segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar negeri yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Kesadaran bela negara itu sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh masyarakat, sebagai perwujudan dari revolusi mental sekaligus sebagai upaya membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas tantangan dan ancaman guna mewujudkan ketahanan nasional yang kokoh. Keragaman budaya, suku, agama, bahasa dan adat istiadat yang didasari pada Pancasila. Dengan menjaga semangat serta selalu mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari hari, negara dan bangsa Indonesia akan tetap jaya. Karenanya semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara Bela Negara merupakan tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur, menyeluruh dan terpadu serta dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara, karena itu kegiatan cangkruan bela negara kali ini sangat sesuai dengan situasi dan kondisi negara akhir akhir ini. ” tegas Kapten Inf Kabul tarmanto. (Zeey/Arfn)

News Feed