oleh

Kesadaran Bela Negara Merupakan Kewajiban Seluruh Warga Masyarakat

 

Acara Cangkruan Bela Negara kali ini digelar di pendopo Kantor Desa Bendo tretek Kecamatan Prambon Kab Sidoarjo

 

Beritatrends.com, Sidoarjo – Untuk menumbuhkan Rasa dan juga mewujudkan sifat perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 , juga menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya, Komando Rayon Militer 0816/12 Prambon menggelar acara Cangkrukan Bela Negara
Bersama Forpimka dan Warga Masyarakat

Acara Cangkruan Bela Negara kali ini digelar di pendopo Kantor Desa Bendo tretek Kecamatan Prambon Kab Sidoarjo, di mulai pkl : 19:30.wib. sampai dengan selesai yang dihadiri antara lain ibu Camat yang di wakili Kasi Transtib Bpk H. Nur S. Sos, Danramil 0816/12 Prambon Kapten Inf Sanusi , Kapolsek yang di wakili Kanit Reskrim Ipda Bambang , Kepala Desa Bendo tretek Bpk Nanang. S. E. Ketua BPD beserta anggotanya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Karang taruna, Ketua Rt dan Rw serta pedagang tukang ojek, perwakilan ibu Pkk Desa Bendo tretek.

Bela Negara merupakan kewajiban , seluruh warga negara dan bukan hanya TNI / Polri saja, tapi semua wajib untuk mempertahankan keutuhan NKRI yang di atur dlm UUD 1945 menyeluruh Komponen dan terpadu serta dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI berdasarkan pancasila , dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara, karena itu kerja sama Bersama Pemerintah Daerah kegiatan Cangkruan bela negara di jajaran Kodim 0816 Sidoarjo dan jajaran Koramil – Koramil yg ada di seluruh Wilayah mengelar giat Sidoarjo Siap 24 Jam, kali ini sangat sesuai dengan situasi dan kondisi negara akhir akhir ini.

Dalam sela – sela sambutannya Kepala Desa Bendo tretek Bpk Nanang S. E. mengatakan kegiatan cangkrukan bela negara ini merupakan bagian dari upaya pencerahan dan memberikan informasi bagi seluruh warga masyarakat biar memgetahui situasi dan kondisi bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.
“kedaulatan negara dan keutuhan wilayah  Indonesia tidak hanya menjadi tanggung jawab bapak bapak TNI/ Polri saja akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh warga masyarakat sesuai kemampuan dan profesi dan pekerjaan masing masing pungkasnya.

Sementara itu Danramil 0816/12 Prambon Kapten Inf Sanusi menjelaskan, disamping sebagai sarana silaturahmi antara Forpimka dengan seluruh komponen masyarakat , Kegiatan Cangkrukan Bela Negara merupakan upaya mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan siap membela tanah air Indonesia terhadap segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar negeri yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara seperti aksi teror , Keberadaan Warga Asing supaya di data dan di awasi terutama tempat kos, penginapan, hotel, rusunawa, Perumahan-perumahan galakkan siskamling, tamu lapor bila melebihi batas waktu, dari tingkat RT / RW yg berada di desa masing – masing.

Kesadaran bela negara itu sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh masyarakat, sebagai perwujudan dari revolusi mental sekaligus sebagai upaya membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas tantangan dan ancaman guna mewujudkan ketahanan nasional yang kokoh. Keragaman budaya, suku, agama, bahasa dan adat – istiadat saling toleransi sesama,

Dengan menjaga semangat serta selalu mengamalkan Sila-Sila Pancasila dalam kehidupan sehari hari, negara dan bangsa Indonesia akan tetap jaya. Karenanya semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara yang kita Cintai ini.

Danramil 0816/12 Prambon kabupaten Sudoarjo Kapten lnf Sanusi Telah Menyampaikan Dalam Kegiatan yang seperti ini Cangkrukan Bela Negara sangat perlu dan agar di dukung karena dalam rangka mendukung program Sidoarjo Siap 24 Jam tahap  IV Thn 2018, untuk kepentingan bersama Seluruh Warga Masyarakat Kabupaten Sidoarjo, Danramil menyampaikan Sebelumnya acara dibuka oleh Bpk H.Nur Sa’ad S. Sos, selaku Kasi Transtib yang mewakili Camat Prambon, dilanjutkan materi Bela Negara dengan Narasumber pertama Kami Selaku Danramil 12 dengan tema ” Semangat dan harapan” dilanjutkan oleh Kapolsek dengan tema ” Kondisi Bangsa saat ini”  kemudian sesi tanya jawab, ditutup dengan doa, sambil menikmati hidangan yang telah di sediakan.ungkap Danramil 0816/12 Kapten lnf Sanusi .(Zeey/Lyn)

News Feed